PENERIMAAN MAHASISWA BARU

 

S1 Reguler Universitas Bakrie membuka jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018

Pendaftaran

 

 

 

 

S1 Kelas Karyawan Program Studi pilihan kelas karyawan: Manajemen, Akuntasi, Komunikasi, Teknik Industri

Selengkapnya

MAGISTER MANAJEMEN

 

Program MM-UB membuka penerimaan mahasiswa baru di setiap semester

Selengkapnya


Why Choose Us

"Pendidikan adalah kunci kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik, kita mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk lebih mampu bersaing dengan bangsa lain”

Nirwan D. Bakrie

Seputar Acara

Dosen Universitas Bakrie kembali mencatatkan prestasi di ajang seminar nasional. Kali ini sebagai satu diantara tiga best paper yang dipilih panitia Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (SNHP3M) ke-3, yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Makalah pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dipaparkan berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Desa Sukasari Karawang Melalui Pelatihan Budidaya Ikan Lele”, ditulis oleh Dr. Didit Herawan (Prodi Manajemen), Dr. B.P. Kusumo Bintoro (Prodi Manajemen), dan Mirsa Diah Novianti, MT (Prodi Teknik Industri). Program PkM ini telah dilaksanakan tahun 2013-2015 dan mendapat dukungan pendanaan dari Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), Bank Syariah Mandiri.

Wilayah pelaksanaan di Desa Sukasari, yang terletak di Timur Kabupaten Karawang, dipilih karena 25 persen warganya masih tergolong pra-sejahtera. Desa ini juga memiliki memiliki kedekatan dengan dosen Universitas Bakrie. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan dosen, mahasiswa, karyawan Bank Syariah Mandiri, dan warga Desa Sukasari.

Pelaksanaan program dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni: pembelajaran untuk tim dosen, ujicoba skala kecil, pembelajaran untuk 25 peserta/warga yang dipilih dari 5 Rukun Warga (RW), dan implementasi di lapangan dengan membagikan 50 buah kolam terpal plastik. Masing-masing kelompok mewakili setiap RW, membangun sendiri kolam-kolamnya dan melaksanakan budidaya pembenihan ikan lele. Pelatihan budidaya ikan lele dilakukan sebanyak 3 siklus dari penebaran benih hingga penjualan benih besar setelah 2 bulan. PkM ini juga telah membantu penyelesaian tugas akhir 4 mahasiswa dari Prodi Manajemen dan Akuntansi.

Pelaksanaan program pengabdian memanfaatkan pendekatan akademik yang relatif baru, yakni designing for growth dan participatory action research. Menurut Didit, “Pelaksanaan kegiatan PkM di Desa Sukasari dilakukan dengan sangat intensif, dengan melibatkan partisipasi semua elemen pemangku kepentingan. Pola pendekatan yang sama saat ini juga diterapkan dalam pelaksanaan PkM dan kewirausahaan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Bakrie di Kelurahan Menteng Atas, Jakarta Selatan, dan di Desa Pagedangan Ilir, Kabupaten Tangerang.”