Kamis, 26 November 2015, program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (prodi ITP) melakukan kegiatan Field Visit Program (FVP) ke PT. Ajinomoto Indonesia yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara.

Agenda rutin setiap semester Prodi ITP Univeritas Bakrie dalam belajar dan mengenalkan langsung industri pangan (experience the real things) kepada mahasiswanya. Rombongan terdiri dari mahasiswa angkatan 2012 dan 2013 didampingi oleh tiga orang dosen, yaitu Bapak Ardiansyah, Bapak Indri Indrawan, serta Ibu Laras Cempaka.

Pukul 07.00 WIB, rombongan berangkat dari kampus dan tiba di lokasi sekitar pukul 7.45 WIB. Rombongan disambut baik oleh pihak PT. Ajinomoto. Acara dibuka pada pukul 8.30, diawali dengan sesi foto bersama, dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Indra Nurcahyo selaku kepala departemen Public Relation PT. Ajinomoto dan Bapak Ardiansyah selaku ketua prodi ITP Universits Bakrie. Selanjutnya, mahasiswa diputarkan video yang menjelaskan mengenai profil perusahaan PT. Ajinomoto dengan motto eat well, live well.
 
Setelah sesi tea break, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai aspek keamanan monosodium glutamat (MSG) oleh Ibu Katarina Larasari, selaku manager public relation bagian scientific affair PT. Ajinomoto. Mahasiswa yang hadir cukup antusias menyimak materi yang disampaikan dengan banyaknya fakta menarik terkait MSG, diantaranya mengenai kandungan glutamat yang banyak terdapat pada bahan pangan alami, seperti tomat, asparagus, daging, dan bahan lainnya. Pada sesi ini juga disampaikan mengenai betapa tidak berbahayanya MSG, sehingga memiliki nilai acceptable daily intake (ADI) yang dinyatakan unspecified, atau aman dikonsumsi dengan takaran secukupnya, disesuikan dengan selera lidah tiap orang. Selain itu, konsumsi MSG dapat mengurangi aasupan garam ke dalam tubuh yang dapat  menurunkan risiko hipertensi.

Gambar 2. Ibu Katarina Larasari sedang presentasi tentang Keamanan MSG
Gambar 2. Ibu Katarina Larasari sedang presentasi tentang Keamanan MSG

 
Materi sesi kedua yang disuguhkan membahas mengenai peran evaluasi sensori dalam pengembangan produk oleh Ibu Ani Ratnawati, selaku kepala departemen Research and Development. Materi diawali dengan pengenalan mengenai lingkup perusahaan dan R&D PT. Ajinomoto baik secara global maupun di Indonesia. Pada sesi ini dikenalkan beberapa produk PT. Ajinomoto yang diproduksi di Indonesia untuk pemasaran baik di dalam maupun ruang negeri. Penjelasan dilanjutkan dengan tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan produk-produk khususnya dengan pengujian sensori di PT Ajinomoto.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para mahasiswa terlihat antusias bertanya untuk menuntaskan rasa penasaran masing-masing, terutama terhadap pro-kontra mengenai MSG yang beredar di masyarakat. Pihak PT. Ajinomoto dengan senang hati memberikan penjelasan atas setiap pertanyaan yang diberikan. Salah satu tujuan dari program kunjungan ini adalah diharapkan para mahasiswa dapat meneruskan informasi positif yang diperoleh kepada masyarakat agar dapat merubah pola pikir yang salah mengenai MSG. Pukul 11.00 acara ditutup dengan testimoni dari perwakilan mahasiswa yang hadir dan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.

 

Gambar 3. Ibu Ani Ratnawati peran evaluasi sensori dalam pengembangan produk di PT Ajinomoto
Gambar 3. Ibu Ani Ratnawati peran evaluasi sensori dalam pengembangan produk di PT Ajinomoto

 

Jakarta, 27 Desember 2015
Oleh, Riska Fitriawati (Mahasiswa ITPbakrie angkatan 2012)