JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Jakarta- Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan yang memproduksi minuman Dairy Milk di Indonesia, yaitu PT. Frisian Flag Indonesia, yang berlokasi di Ciracas-Jakarta Timur.

Kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan dan pengalaman dari mahasiswa mengenai proses pembuatan minuman dairy khususnya berbagai macam bentuk susu. Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini terdiri dari dua angkatan, yaitu prodi ITP 2014 dan 2015.

Saat rombongan dari Universitas Bakrie tiba di Friesland Campina, mereka disambut dan diarahkan ke visitor room untuk diberikan edukasi mengenai keseluruhan mengenai perusahaan Frisian Flag dan hasil produksi dari operasi perusahaan. Diawali penyambutan oleh Bapak Dony selaku Public Affair di Frisian Flag, beliau menjelaskan secara umum mengenai program-program dan pencapaian Frisian Flag selama di Indonesia.



Setelah itu materi dilanjutkan oleh Bapak Aryono Bambang Ardhyo selaku Corporate Resources and Development Manager/ Dairy Process Technology PT Frisian Flag Indonesia yang menjelaskan keseluruhan proses pembuatan susu. Bukan hanya sekadar membuat tetapi juga melihat dari segala aspek yang bisa membuat Frisian Flag bisa berhasil disukai masyarakat dari segi rasa, kesehatan susu, dan teknologi yang digunakan.

Bapak Aryo menjelaskan mengenai Diary Trends saat ini, banyak masyarakat yang menyukai produk susu yang bersifat natural atau lebih alami, health focused¸ yaitu makanan atau minuman yang menggunakan pendekatan untuk kesehatan sehingga orang tertarik untuk mengkonsumsi dengan alasan kesehatan atau ingin diet,  more experiential,  yaitu  dengan berbagai rasa yang membuat orang bisa mendapatkan pengalaman rasa baru extra sensory , dengan adanya banyak varian rasa yang membuat kombinasi tekstur dan rasa dari makanan atau minuman lebih kuat serta second skinstaying connected, yaitu agar bisa saling berinteraksi dengan orang-orang lainnya baik secara langsung maupun melalui media.

Selain, itu juga Bapak Aryo menjelaskan mengenai sejarah susu dengan segala prosesnya dari pemilihan dan perawatan sapi sebelum pemerahan susu yang tidak bisa dilakukan sembarangan agar bisa menghasilkan susu dengan kualitas yang baik, lalu proses pemerahan dan penyimpanan susu pada suhu yang ditetapkan agar tidak berkembang bakteri dan merusak kualitas susu, sampai proses produksi packaging susu yang dilakukan oleh Frisian Flag dalam berbagai bentuk, yaitu liquid milk, susu UHT, susu kental manis dan susu powder (bubuk).

Selanjutnya, setelah pemberian materi mahasiswa Universitas Bakrie juga diajak untuk melakukan factory visit di Frisian Flag. Sebelum memasuki area produksi packaging susu mahasiswa diberikan arahan mengenai life saving rules  dalam wilayah area produksi agar tidak terjadi kejadian yang membahayakan dalam area operasi. Life saving rules ini adalah mengenai aturan yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam bekerja dan area kerja, seperti harus berhati-hati dalam setiap melakukan kegiatan, harus memiliki izin kerja, menggunakan safely protection dll.

Mahasiswa Universitas Bakrie diberikan pakaian jas putih, dan sepatu safety serta penutup rambut dan penutup telinga. Sebelum memasuki factory. Hal itu wajib digunakan untuk menghindari insiden yang bisa saja terjadi di area factory.  Selama di dalam factory area mahasiswa didampingi oleh salah satu pegawai Frisian Flag yang menjelaskan mengenai proses packaging susu dari awal pembentukan kaleng susu sampai siap untuk didistribusikan.

Factory visit menjadi akhir dari kegiatan field visit yang dilakukan oleh mahasiswa prodi Ilmu dan Teknologi Pangan sebagai salah satu implementasi experiental learning yang menjadi tagline Universitas Bakrie, yaitu "Experience the Real Things".

 

 

Penulis: Diana Thasya SN

(Ilmu Komunikasi 2012)