Jumat, 28 Maret 2014 yang lalu, mahasiswa Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (Prodi ITP) Universitas Bakrie angkatan 2013, bersama beberapa dosen pendamping, mengunjungi kantor Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) di Jalan Percetakan Negara No. 23, Jakarta. Ini merupakan Field Visit Program (FVP) yang juga bagian dari mata kuliah Pengenalan Produk Teknologi Pangan di semester kedua. Mahasiswa Prodi ITP, sejak dini diperkenalkan tentang pengetahuan produk-produk teknologi pangan, khususnya terkait dengan regulasi pangan.

Rombongan ITP disambut oleh Bapak Budi Djanu Purwanto (Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat). Acara dimulai pada pukul 09.00 dan diawali dengan sambutan Ketua Prodi ITP, Bapak Ardiansyah, yang menyampaikan maksud atas kunjungan Prodi ITP ke BPOM. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh Bapak Budi tentang latar belakang berdirinya BPOM, tugas dan fungsi BPOM, objek pengawasan dan peraturan-peraturan yang terkait BPOM. Setelah presentasi mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab.

Suasana diskusi Prodi ITP dengan Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BPOM RI

Pada akhir serangkaian materi dan diskusi, Pak Budi menyampaikan kemudahan akses BPOM kepada masyarakat lewat situs internet www.pom.go.id. Pada laman tersebut, masyarakat dapat memperoleh informasi terkini mengenai produk teregistrasi, layanan publik dan juga pelayanan pengaduan konsumen.

 

Penyerahan cenderamata dari Prodi ITP kepada Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BPOM RI

Setelah acara tersebut, mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk melihat laboratorium yang ada di lingkungan BPOM. Laboratorium ini digunakan BPOM sebagai laboratorium uji dan laboratorium riset. Acara ditutup dengan penyerahan cendramata dari Prodi ITP dan foto bersama.

Foto bersama rombongan Prodi ITP di kantor BPOM RI