Pada hari Kamis, 10 Januari 2013, Universitas Bakrie (UB) mengadakan acara Campus Visit gelombang pertama bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 200 siswa-siswi dari 20 sekolah di Jakarta. Acara tahunan ini disambut dan dimeriahkan oleh semua perwakilan mahasiswa di UB, tak terkecuali mahasiswa program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (Prodi ITP).

Acara dimulai pukul 12.00 WIB dengan kunjungan pada stan tiap-tiap prodi. Di stand prodi ITP, dengan bimbingan langsung dari Kaprodi ITP, mahasiswa ITP menampilkan berbagai foto-foto dan video yang berkaitan dengan prodi ini, seperti pengolahan gandum, ikan, rumput laut, dan foto mengenai penelitian di laboratorium ITP.   Pada kesempatan ini mahasiswa ITP menjelaskan pengertian teknologi pangan dan ilmu pangan kepada para peserta acara ini. Teknologi pangan adalah aplikasi ilmu pangan, manajemen dan bisnis pada seluruh mata rantai penanganan dan pengubahan bahan pangan dari mulai dipanen atau disembelih sampai menjadi ingredien pangan, bahan tambahan pangan, produk pangan atau hidangan yang siap dikonsumsi, yang meliputi aspek aspek penanganan bahan, pemilihan, penilaian kualitas dan keamanan, pengawetan, pengolahan, pengemasan, penyimpanan, pengembangan produk baru, pemasaran (termasuk distribusi dan penilaian mutu), evaluasi nilai gizi, evaluasi sensori dan penerimaan konsumen.
Sedangkan ilmu pangan adalah suatu disiplin ilmu yang menerapkan dasar dasar kimia, fisika, mikrobiologi, biokimia dan rekayasa dalam mempelajari sifat sifat bahan pangan dan perubahannya selama penanganan, pengolahan dan penyimpanan, komposisi bahan pangan, penyebab kerusakan bahan pangan, prinsip prinsip yang mendasari suatu pengolahan pangan dan peningkatan nilai tambah bahan pangan.  

Gambar 1. Foto bersama sebelum acara dimulai
Sebagai salah satu prodi baru, mahasiswa ITP gencar mempromosikan prodi ini kepada siswa-siswi peserta acara ini. Acara ini menjadi kesempatan berharga untuk memperkenalkan prodi ITP. Dengan bangga, mahasiswa ITP, menjelaskan serta menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan dengan antusias oleh adik-adik SMA ini.


Gambar 2. Suasana acara Campus Visit di stand prodi ITP Pembukaan acara Campus Visit dimeriahkan dengan penampilan tari dari unit kegiatan mahasiswa Tatra UB. Setelah itu acara berlanjut pada pemutaran video profil UB serta sambutan dari rektor UB, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D.
Rangkaian acara dilanjutkan dengan presentasi dari Dekan FEIS tentang kekhususan 10 program studi yang ada di UB. Penjelasan dari bagian humas dan admisi tentang tatacara pendaftaran mahasiswa baru di UB. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari masyarakat transportasi Indonesia. Di akhir acara, siswa-siswi ini juga dihibur dengan penampilan Band mahasiswa UB.
Acara ini berakhir pukul 16.00 WIB, ditutup dengan acara tur kampus yang dipandu oleh perwakilan mahasiswa UB. Pada kesempatan ini, siswa-siswi diperkenalkan dengan fasilitas, sarana, dan prasarana yang ada di UB, diantaranya ruangan kelas, perpustakaan, laboratorium, dan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh kampus UB. (Riezkha, prodi ITP).