Jakarta (21/10)-Universitas Bakrie, Program Studi Manajemen mengadakan Guest Lecture untuk mata kuliah Komunikasi Bisnis dengan pembicara Yudi Rizard Hakim, Chief of Corporate Affairs PT Bakrieland Development Tbk. Mengusung metode Experiential Learning, Universitas Bakrie rutin mengadakan acara guest lecture atau dosen tamu yang dapat mendekatkan dunia kerja dengan para mahasiswa Universitas Bakrie. Para mahasiswa diharapkan dapat belajar dari pengalaman para pelaku professional sebagai bekal nantinya dalam meniti karir paska studi di perguruan tinggi.

Menurut Pak Yudi, di tengah persaingan di dunia kerja yang semakin ketat, mahasiswa harus dapat membangun kepercayaan dirinya, salah satunya melalui ‘positioning’. Cara kita membawa diri mempengaruhi reputasi diri kita di masa yang akan datang. Strategy of communication bisa didapat dengan cara menyerap informasi yang penting dan bermanfaat di sekitar kita dan dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat untuk memperkaya diri kita dengan wawasan dan ilmu pengetahuan. Pak Yudi juga membeberkan empat kunci keberhasilan dalam membangun komunikasi bisnis di dunia kerja bagi mahasiswa, diantaranya yaitu: Know what message you want to deliver, Know when you want to deliver the message, Know to whom you want to deliver the message to and Choose the right tool of communication. Beberapa kesalahan umum dalam membuat pesan, yaitu Flowery explanation (penjelasan yang terlalu berlebihan), Technical jargon, Not supported by updated data, Personal opinion not facts and data (karena segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi bisnis harus berdasarkan data dan konsep), Not pay attention to details dan Skip proofreading. Pesan Pak Yudi buat mahasiswa prodi Manajemen di Universitas Bakrie adalah just be yourself, try to improve yourself by keep practicing dan bagaimana cara kita berkomunikasi disesuaikan dengan stakeholders yang kita hadapi, selain memberikan GL mengenai strategi komunikasi bisnis, Pak Yudi juga memberikan tips dan trik dalam melamar pekerjaan dari mulai membuat CV dan bagaimana menghadapi users dalam proses interview.