JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Jakarta (9/11)-Program Studi Informatika mengadakan Guest Lecture yang bertajuk "Let’s Start a Startup” and “Understanding Cloud Computing and create IT as a Service" yang menghadirkan James Tomasouw dari Future Entrepreneur Indonesia dan Arya Sanjaya dari SAP Indonesia. Guest Lecture yang di moderatori oleh Dosen Informatika Berkah I. Santoso ini bertempat di R. 1 dan 2 Universitas Bakrie.

James Tomasouw berbicara tentang Future Entrepreneur dengan misi berupaya secara sistemastis mempercepat dan mendukung entrepreneurs and entrepreneurship masa depan melalui public, private partnerships and practices. Targetnya adalah tercipta wirausaha baru di bidang IT, pemuda Indonesia lebih produktif dan kreatif dan produk kreatif digital Indonesia berjaya ditingkat dunia.

James berpesan kepada seluruh mahasiswa Universitas Bakrie sebelum membuat aplikasi, harus melakukan survey mengenai siapa yg paling banyak memakai internet, dan apa yang digunakan.

Membangun semangat kewirausahaan generasi muda sangat penting karena wirausahawan akan berperan banyak bagi kemakmuran bangsa, karena sudah seharusnya masyarakat Indonesia mampu mempekerjakan rakyatnya dan bekerja untuk Indonesia. Idealnya entrepreneur harus mencapai 2% dari total penduduknya oleh karena itu Indonesia seharusnya memiliki sekitar 4,5 juta wirausaha.

Beberapa cara untuk menciptakan dan mengembangkan wirausaha yaitu community support of youth and their ideas, entrepreneurial education and career development, youth involvement and leadership in community atau melalui pendekatan pengembangan: micro-to-macro(microeconomic based-economic and development), local-regional-to-national.

Sementara itu Arya Sanjaya sharing mengenai “Understanding Cloud Computing and create IT as a Service”. Cloud Computing adalah komputasi awan berbasis internet di mana server di dunia maya menyediakan infrastruktur, platform, perangkat, dan sumber daya lainnya. Cloud computing yang datanya disimpan dalam server bersifat permanen artinya semua pengguna dapat mengakses secara bersamaan melalui akses internet, dan menggunakan datanya juga secara bersamaan.

Contoh yang gampang mengenai cloud computing adalah email di yahoo, gmail, dll. Kita hanya membutuhkan koneksi internet untuk dapat menerima dan mengirim email. Teknologi yang digunakan berfungsi di 3 bagian, yaitu aplikasi, penyimpanan dan koneksi. Cloud computing dapat bersifat privat maupun publik.  Jasa cloud computing yang publik berarti file akan dapat diakses siapa saja melalui internet. Sedangkan jasa cloud computing yang bersifat privat umumnya merupakan milik kalangan terbatas. Bisa saja berupa data center yang menyediakan layanan terbatas untuk orang – orang tertentu. Dengan cloud computing, kita tidak lagi memerlukan harddisk untuk menyimpan semua data anda. Semua data juga dapat diakses melalui computing gadget yang memiliki koneksi internet. Keuntungan terbesar yang umumnya dinikmati para pengguna cloud computing adalah mereka tidak perlu mengkuatirkan kehilangan data karena adanya autosave, back up harian. Hanya saja security tetap harus diperhatikan karena semua informasi tersebut umumnya memerlukan password untuk mengaksesnya.



Di dalam GL tersebut juga mengajak seluruh mahasiswa Universitas Bakrie untuk mengikuti  Hackathon Merdeka (http://hackathonmerdeka.id/. Ini adalah ajang kompetisi yang terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia. Tema kali ini (Hackathon Merdeka 3.0) ini adalah pemberantasan korupsi di berbagai bidang. Bentuk kompetisi ini adalah hasil inovasi IT yang dapat membantu menciptakan sistem integritas, dan membantu menanamkan nilai-nilai integritas di masyarakat dan di sektor publik. Meskipun kompetisinya dalam bidang IT, namun terlihat banyak sektor yang disentuh (di luar IT itu sendiri).

Inovasi IT di sini bukan berarti hanya orang IT yang bisa ikut berkompetisi karena ‘insight’ dari teman-teman di luar bidang IT akan sangat membantu. Peserta kompetisi adalah tim yang terdiri atas maksimal 4 orang. Idealnya seperti sebuah StartUp company, tim ini terdiri atas anggota2 yang memiliki fungsi masing-masing sebagai: Hacker (developer, programmer), Hustler (manager) dan Hipster (designer).