Busan, Korea Selatan – Dengan harapan terbentuknya hubungan yang kuat antara Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Republik Korea (ROK) guna tercapainya kemakmuran bersama dan pembangunan di tingkat strategis, Muhammad Yusuf mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie angkatan 2013 berhasil lolos tahap seleksi yang diadakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan mengikuti program The 6th ASEAN-Korea Frontier Forum 2016.

Menjadi salah satu dari 3 delegasi yang dikirim Indonesia ke Korea Selatan, Yusuf berpartisipasi dalam forum Political & Security Cooperation bersama delegasi dari 10 negara ASEAN dan Korea dengan total 102 partisipan. Atas partisipasi aktifnya dalam forum, Yusuf menjadi satu-satunya delegasi dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan delegasi terbaik dalam program yang diadakan pada tanggal 17 sampai 24 Februari tersebut.

The 6th ASEAN-Korea Frontier Forum 2016 ini diselenggarakan oleh Asia Exchange Association dan disponsori oleh ASEAN-ROK Cooperation Fund dan Busan Metropolitan City. Program ini merupakan wadah bagi pemimpin muda di masa depan yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanma, Kamboja dan Korea Selatan. Para delegasi dari setiap negara pada setiap forumnya diwajibkan untuk membuat konsep resolusi untuk kerjasama antara ASEAN-Korea dalam kerjasama ekonomi, kerjasama sosial dan budaya, serta kerjasama keamanan dan politik. Tidak hanya melakukan Model Summit, tetapi program ini juga menyuguhkan study visit ke perusahaan capital investment yang menampung perusahan-perusahaan start-up dan juga melakukan cultural visit ke lokasi budaya di daerah Busan.

Partisipasi aktif Yusuf dalam forum Political & Security dengan mengajukan ide untuk membentuk international blacklist system serta menyatakan kemampuan Indonesia dalam kerjasama negara ASEAN-Korea guna memerangi perdagangan gelap dan transfer senjata ilegal berhasil disepakati secara konsensus oleh semua delegasi.


Harapannya, dengan mengikuti program ini, program ASEAN Community yang sudah diimplementasikan pada tahun 2015 dapat terimplementasikan lebih baik dan terjalinnya hubungan baik tidak hanya country-to-country tetapi juga people-to-people antara negara ASEAN dan Korea.