Salah satu dosen dari Prodi TLK mendapat undangan dari Tohoku University sebagai pembicara pada "International Seminar on International Development Studies" yang diadakan di Sendai, Miyagi, Japan pada hari Kamis tanggal 9 Mei 2013. Kesempatan berkunjung ke Tohoku University ini juga digunakan untuk menindaklanjuti pertemuan pertama inisiasi MoU antara Universitas Bakrie dan Tohoku University yang diadakan di Jakarta tanggal 29 April 2013.

Kunjungan perwakilan dari masing-masing Universitas adalah prasyarat untuk merealisasikan MoU antara Tohoku University dan Universitas Bakrie. Tahap berikutnya adalah audit internal (di Tohoku University) sebelum penandatanganan MoU antara Dekan FTIK Universitas Bakrie dan Dekan GSAS Tohoku University. MoU antara dua universitas ini akan memberikan peluang bagi masing-masing universitas untuk mengirimkan mahasiswa/i sebagai student exchange dengan tuition waiver (bebas biaya SPP). Pembahasan MoU ini dilakukan pada tanggal 10 Mei 2013 antara Profesor Hitoshi Yonekura (International Development Studies), Deffi Ayu P.S, Ph.D, Profesor Michio Komai (Dean of Graduate School of Agricultural Studies) dan Fusao Itoh, Ph.D (Head of Resource and Environmental Economics Department).      
Gambar 2 (Kiri ke kanan) Profesor Hitoshi Yonekura, Deffi Ayu P.S., Ph.D, Profesor Michio Komai             Gambar 3 Deffi Ayu P.S, Ph.D dan Fusao Itoh, Ph.D