Universitas Bakrie melalui Bakrie English Debating Society mengikuti rangkaian kompetisi National University Debating Competition (NUDC) 2017 tingkat Kopertis III yang meliputi daerah Jabodetabek dan Provinsi Banten pada tanggal 24 – 26 Juli 2017 di Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat. Tim Bakrie diwakili oleh Rifa Nabillah Nurkayungyun (Ilmu Politik, 2015) dan Monica Esther (Ilmu Politik, 2015) sebagai debaters dan Ghina Nurqori Aina (Akuntansi, 2016) sebagai N1-adjudicator.

Kompetisi yang diikuti oleh 59 perguruan tinggi di Jabodetabek dan Provinsi Banten ini terdiri dari 3 babak preliminary dan 3 babak eliminary. Babak pertama eliminary mempertemukan Tim Bakrie dengan Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Tarakanita dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) dalam mosi This House Would Abolish Religion Based School. Universitas Bakrie berhasil unggul sebagai Opening Opposition di peringkat 1 dan mendapatkan 3 victory points.

Di ronde selanjutnya, Tim Bakrie berhasil mendapatkan 1 poin di peringkat ke-3 setelah melawan Universitas Indonesia, Unika Atma Jaya, dan Mercu Buana. Universitas Bakrie berperan sebagai Opening Government di dalam mosi This House Regrets Tax Amnesty.

Di ronde terakhir babak preliminary Tim Bakrie kembali berhasil mendapatkan 3 poin di peringkat pertama setelah berhasil mengungguli Universitas Terbuka, Universitas Mercu Buana dan Politeknik Negeri Jakarta dalam mosi This House Believe That Scientists Should Exaggarate Data and Information Regarding Climate Change sebagai Closing Opposition.

Berhasil mendapatkan 7 victory points menempatkan Universitas Bakrie sebagai tim peringkat ke-5 yang lolos ke babak quarter-final NUDC 2017 – Kopertis III dan juga berhasil meraih predikat Co-9th Best Speakers atas nama Rifa Nabillah Nurkayungyun dan Monica Esther.

Di ajang akreditasi adjudicator, Ghina Aina maju sebagai trainee dan mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran mengenai cara menjadi adjudicator dan juri yang baik dan berkualitas dalam kompetisi debat.

Walaupun harus menghentikan perjuangan hanya sampai quarter-final, Tim Bakrie berhasil lolos ke NUDC 2017 tingkat nasional di Semarang yang akan diadakan pada tanggal 3 – 8 September 2017 dengan meraih Tim Terbaik X dari 59 universitas lainnya.

Saat ini, Tim Bakrie sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti NUDC 2017 tingkat nasional dengan mengadakan latihan intensif yang diadakan hampir setiap hari di bulan Agustus 2017 di bawah pelatih yang sangat berpengalaman dan merupakan jawara debat hingga saat ini. Target selanjutnya adalah lolos ke main category di tingkat nasional dan menjadi salah satu breaking adjudicators.