Rektor Universitas Bakrie Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. mengikuti Seminar Asesor untuk Pilot Project Assessment Exercises on Higher Institution di Manila, Philipina pada tanggal 4-5 Desember 2017.

Berdiri sejak tahun 2015, European Union Support to Higher Education in the ASEAN Region (SHARE) merupakan program 4 tahun yang didanai oleh Uni Eropa (European Union) yang bertujuan untuk:

1. Memperkuat kerjasama regional.
2. Meningkatkan kualitas, daya saing dan proses internasionalisasi dari institusi Pendidikan tinggi di ASEAN.
3. Memberikan kontribusi bagi komunitas ASEAN sesudah tahun 2015.

Konsorsium untuk EU SHARE proyek terdiri dari British Council (sebagai leader), Campus France, DAAD, Nuffic, the European Association for Quality Assurance in Higher Education (ENQA) dan European University Association (EUA) bekerja sama dengan ASEAN untuk mengimplementasikan SHARE project dari tahun 2015-2019.

Tujuan dari SHARE Pilot Institutional Assessments adalah memberikan kesempatan kepada 11 universitas terpilih di ASEAN untuk melakukan benchmarking dan mempromosikan tumbuhnya budaya kualitas di institusi Pendidikan tinggi untuk mendukung penguatan dalam bidang pengajaran, penelitian, pengabdian dan tata kelola dari institusi.

Asesor untuk SHARE project terdiri dari 16 orang Asesor yang berasal dari negara ASEAN yang merupakan sekelompok experts dalam bidang quality assurance (QA) untuk institusi Pendidikan tinggi dan telah memiliki track record dalam bidang audit kualitas di bidang pendidikan tinggi. Ke 16 orang Asesor yang terpilih telah terbukti memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai standard, policies dan good practices di bidang Pendidikan tinggi. Khususnya untuk perwakilan dari Indonesia, dari sekitar 2500 asesor yang ada di Indonesia telah terpilih 3 orang asesor yang mewakili Indonesia yaitu: Dr Agus Setiabudi - Sekretaris Dewan Eksekutif BAN PT, Prof Sofia W Alisjahbana, Ph.D.- Rektor Universitas Bakrie dan Prof. Adam Pamuji, Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada.

Sesudah mengikuti seminar Asesor untuk Pilot Project Assessment Exercises on Higher Institution di Manila, Filipina langkah selanjutnya ke 16 orang asesor akan melakukan assessment ke 11 negara terpilih di ASEAN yang berada di Indonesia, Filipina, Laos; Kamboja; Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam. Setiap assessment akan dilakukan oleh panel asesor yang terdiri dari 2 orang expert dari ASEAN dan 2 orang expert dari institusi Pendidikan tinggi di Eropa.