Jakarta (8/4/2017) - Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMILKOM) periode 2016-2017 akan segera berakhir. Sebelum mengakhiri jabatan yang sudah di laksanakan selama 1 periode, maka diadakan kaderisasi untuk merekrut kepengurusan periode selanjutnya. Serangkaian kegiatan kaderisasi di laksanakan oleh mahasiswa Ilmu komunikasi angkatan 2016. Sebanyak 30 calon pengurus yang sudah diseleksi mulai menjalani rangkaian kegiatan kaderisasi HMILKOM.

Tema utama dari kaderisasi tahun ini adalah Agent Of Change dimana para calon ini dipersiapkan untuk dapat menjadi agen perubahan menuju HMILKOM yang lebih baik lagi. Calon pengurus yang mengikuti kaderisasi merupakan orang-orang terpilih yang sudah melewati tahap awal wawancara. Mereka diharuskan memahami tentang tugas dan kewajiban dari HMILKOM, serta memenuhi unsur value atau nilai yang ada pada HMILKOM.

“Karena melihat angkatan 2016 yang banyak kita membutuhkan wakil wakil perubahan dari mereka, engga semuanya kita butuh hanya orang-orang terpilih menurut kita dan menurut mereka. Dan mereka yakin dengan kemampuan mereka sendiri. Perubahan disini maksudnya adalah perubahan untuk mereka sendiri, untuk organisasi mereka dan angkatan mereka sendiri,” tutur Yudis Ketua Acara Kaderisasi HMILKOM(1/4/2017).

Tedapat tiga pertemuan yang dilakukan dalam kegiatan kaderisasi HMILKOM kali ini. Pada pertemuan pertama Sabtu 1 April para calon pengurus diberikan pembekalan materi yang disampaikan oleh tiga pemateri yaitu M. Ikhsan Aprido yang memberikan materi tentang leadership. Kemudian Miss Dian Putri selaku dosen Imu Komunikasi yang memberikan materi tentang problem solving, dan yang terakhir adalah Bapak Nasrul yang merupakan Professional and Leadership Coach yakni praktisi HR di perusahaan swasta nasional, beliau memberikan materi tentang conflict management. Selanjutnya ada pula sesi pengenalan mengenai Senat Mahasiswa yang di berikan oleh ketua Senat Mahasiswa Universitas Bakrie.

Dalam rangkaian acara kaderisasi tahun ini terdapat value atau nilai dasar atas pembentukan kepengurusan yang baru.

"Value tahun ini adalah EXPLORES yang terdiri dari Extraordinary, Professional, Leadership, Organised, Respect, Educate dan Sacrifice," tutur Yudis, ketua pelaksana kaderisasi HMILKOM saat ditemui di Universitas Bakrie (1/4/2017).

Tak hanya mendapatkan materi dari para pembicara saja, para peserta kaderisasi juga mempresentasikan proposal kegiatan yang menjadi tugas utama dalam kegiatan kaderisasi.

“Sebelumnya peserta kaderisasi itu ditugaskan untuk membuat program kerja, jadi di hari pertama mereka harus mempresentasikan proposal yang dinilai dan dikomentari oleh panelis yang berperan sebagai Senat komisi I, II dan V serta kemahasiswaan,” ujar Rose Wakil Ketua HMILKOM (10/4/2017).

Pertemuan kedua dilakukan pada hari Minggu 2 Apri 2017, para peserta masih mendapatkan materi yang diberikan oleh ketua HMILKOM periode sebelumnya, atau yang biasa disebut purna HMILKOM. Materi tersebut antara lain adalah Etika dan Keprofesionalisme yang diberikan oleh Arum Tias ketua HMILKOM periode 2015-2016, kemudian materi Berpikir Kritis yang diberikan oleh Karel Ade Putra ketua HMIKOM periode 2014-2015, dan materi keorganisasian yang diberikan oleh Tia Putri keua HMILKOM periode 2012-2013. Lalu kegiatan selanjutnya adalah presentasi pengenalan mengenai tiap-tiap departemen HMILKOM.

Pertemuan terakhir sekaligus kegiatan puncak dari rangkaian kegiatan kaderisasi dilaksanakan di Bumi Perkemahan Ragunan. Para peserta diberikan tantangan untuk bisa menghasilkan keuntungan dari games kewirausahaan yang dimana keuntungan tersebut akan digunakan sebagai bekal mereka naik bus transjakarta menuju ragunan.

Kegiatan di Bumi Perkemahan Ragunan bersifat rally games dimana para peserta kaderisasi akan bermain secara berkeliling dari satu pos ke pos lainnya. Pada masing-masing pos tentunya terdapat penanaman value Explores bagi para peserta.

Puncak acara diadakan pada keesokan harinya. Para peserta dibangunkan pada saat subuh dan kemudian diberikan pengumuman tentang hasil penilaian selama kaderisasi dilaksanakan. Hasil akhir menyatakan 27 calon pengurus berhasil lulus dalam kegiatan kaderisasi, dan 3 orang lainnya mengalami seleksi alam karena sakit sehingga berhalangan hadir.

Dari hasil pengumuman kelulusan kaderisasi, terdapat 4 orang peserta yang terpilih menjadi calon ketua dan calon wakil ketua HMILKOM periode 2017-2018. Rangkaian kegiatan kaderisasi ini diharapkan dapat menjadikan HMIKOM kedepannya menjadi lebih baik lagi. Hal serupa juga dikatakan oleh Theo ketua HMILKOM periode 2016-2017.

“Harapannya pastinya HMILKOM ini kembali bersinar, dan memiki pemimpin yang lebih bisa memahami sebenarnya apa kebutuhan dari lmu komunikasi sendiri apa aspirasi yang ada dari ilmu komunikasi ini dan mampu mengelola ilkom agar lebih berinovasi,” tutur Theo (1/4/2017).

Penulis: Viviet Sandra Bailussy

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Bakrie Dibuka Kembali Pada Tanggal 28 Juni 2017.
Selama Libur Hari Raya (23-27 Juni 2017) Bisa Menghubungi Hotline (Whatsapp) di 0856 777 9945 atau LINE : @universitasbakrie