JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Jakarta (15/4/2017) - Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (UB) memiliki tiga peminatan beserta dengan tiga klub nya, yakni ProClub dari peminatan Corporate Communications (PR & CorpComm), AdBrand Club dari peminatan Marketing Communications (Marcomm), dan Meclub dari peminatan Jurnalisme Multimedia atau Jurnalistik. Pengenalan peminatan ini dikenalkan pada semester dua dan pemilihan peminatannya sendiri dilakukan di semester tiga.

Pemahaman tiga peminatan tersebut tidak hanya dipelajari secara materi di dalam kelas saja. Dengan tagline yang dimiliki UB yaitu Experience The Real Things, Prodi Ilmu Komunikasi menerapkan metode Experience Learning, melalui field visit ke berbagai tempat dimana mahasiswa juga akan mendapatkan berbagai pengalaman menarik dari ketiga peminatan sebagai bentuk implementasi konsep yang diajarkan di kelas, dan kali ini field visit dilakukan ke Jungle Land Sentul Bogor, Sabtu (15/4/2017).

“Kegiatan field visit ini tentunya disesuaikan dengan metode pembelajaran yang ada di Ilmu Komunikasi Universtas Bakrie pada umumnya bahwa kita menerapkan metode experience learning jadi setelah mahasiswa mendapatkan konsep tentang Public Relations, komunikasi pemasaran, jurnalistik mereka juga tau sendiri melalui field visit bagaimana penerapannya di dunia kerja gitu,” ujar Bu Suharyanti, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, pada Sabtu (15/4/2017).

Bekerja sama dengan acara Communication Creativity in Action (Commcreation) 2017 yang diadakan di tempat yang sama, sebanyak 222 mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi melakukan kegiatan praktek atas matakuliah pengantar PR & CorpComm, pengantar Marcomm dan pengantar Jurnalistik.

Mahasiswa diberikan tugas untuk melakukan pekerjaan yang terkait dengan masing-masing mata kuliah. Pada mata kuliah pengantar PR & CorpComm mahasiswa diberikan tugas untuk membuat mini artikel selayaknya seorang PR & CorpComm suatu perusahaan.

Para mahasiswa 2016 sedang berfikir kreatif untuk membuat cation yang tepat untuk foto wahana yang akan di upload di akun instagramnya

Sedangkan pada mata kuliah pengantar Marcomm mahasiswa diberikan tugas fotografi brand dan copy writing. Tugas dilakukan dengan mengambil gambar objek dari suatu brand dengan menyertakan caption atau kata-kata menarik dan kreatif dari objek foto yang dipilih, seperti pekerjaan yang dilakukan oleh seorang marketer.

Mahasiswa angkatan 2016 sedang melakukan kegiatan praktik Jurnalistik yaitu mewawancarai pengunjung Jungle Land

Terakhir pada mata kuliah pengantar Jurnalistik mahasiswa diberikan tugas melakukan wawancara kepada pengunjung Jungle Land seperti yang dilakukan oleh seorang jurnalis.

Kegiatan field visit ini juga diselingi dengan kegiatan hiburan dengan menaiki wahana yang ada di Jungle Land Sentul. Para mahasiswa mengaku senang, terhibur dan yang paling penting mendapatkan wawasan yang lebih terhadap tiga peminatan yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi dan memudahkan mereka untuk dapat memilih peminatan di semester tiga nanti.

Keceriaan mahasiswa 2016 saat melakukan kegiatan Field Visit ke Jungle Land

“Penting banget sih buat kita mahasiswa baru yang belum ambil peminatan bisa tau gimana nanti belajarnya markom, belajarnya PR, belajarnya jurnal. Dan saya lebih tertarik ke markom dan jurnalistik tapi masih bimbang,” ujar Rayhan, mahasiwa 2016 peserta field visit, Sabtu (15/4/2017).

Bu Suharyanti atau yang akrab disapa Bu Yanti menambahkan bahwa output yang diharapkan dari kegiatan field visit ini adalah agar mahasiswa dapat memahami bukan hanya konsep dasar dari mata kuliah peminatan saja, tapi juga tentang implementasi dari konsep pada dunia kerja nantinya.

Penulis: Viviet Sandra Bailussy