Jakarta (6/5/2017)- Universitas Bakrie. Dalam rangka memperkenalkan Model United Nation (MUN) kepada pemula, khususnya kalangan pelajar SMA dan mahasiswa, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie bekerjasama dengan Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) menyelenggarakan Diplomatic Workshop & Simulation (IMATION 2017) Sabtu 6 Mei lalu.

ISAFIS merupakan organisasi pemuda non-profit yang bergerak dalam pembahasan isu-isu global. IMATION 2017 mengangkat tema “Towards Sustainable Future: Eradicating Inequality and Securing Global Threats”, tema ini bertujuan untuk mendorong pemuda agar dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan didunia internasional melalui penyebaran nilai-nilai diplomasi dan pemberdayaan pemuda dalam mencapai agenda pembangunan global pasca 2015.

Acara yang diadakan di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie ini mengajak para peserta yang merupakan siswa siswi SMA dan mahasiswa JABODETABEK untuk melakukan simulasi sidang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Internasional.

Ketua Pelaksana IMATION 2017, Rahma Atika Idrus (Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2015) mengungkapkan, tujuan dari digelarnya acara ini yaitu untuk mengenalkan Model United Nation (MUN) kepada siswa/siswi SMA dan juga mahasiswa.

“Disini kita akan menjelaskan bagaimana prosedur MUN, seperti apa cara kerja MUN, dan melihatkan orang-orang di MUN itu biasanya kaya gimana aja sih. Selain itu kita juga akan memberikan experience kepada peserta, dan memberikan materi tentang MUN lalu akan praktek langsung di simulasi,” jelas Rahma, saat diwawancarai menjelang acara dimulai. Ana Maria Octavany, salah satu peserta dari Saint John’s Catholic School mengaku, mengikuti acara ini karena tertarik dengan Hubungan Internasional (HI).
“Karena tertarik sama HI dan mau masuk (kuliah jurusan) HI, terus saya ingin coba pengalaman aslinya kaya gimana. Setidaknya dapat kenal sama orang-orang dan membuat network.” ujar Ana.

Senada dengan tagline Prodi Ilmu Komunikasi “Experiental Learning”, kerjasama yang terjalin pada acara ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang nyata kepada seluruh peserta yang hadir atas kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh MUN.