“A Good Speech is Like a Pencil; It Has To Have a Point” ujar Kemal mengawali presentasi pada acara Belajar Bersama Academy: Public Speaking Seminar “Be Confident, Be You” di Studio 1, Epicentrum XXI, Kuningan Jakarta (8/3).

Belajar Bersama Academy adalah kegiatan mengasah softskills bagi mahasiswa yang diprakarsai oleh Biro Kemahasiswaan Universitas Bakrie. 

Pada kali ini, Belajar Bersama Academy atau yang lebih dikenal dengan BBA mengupas tentang seni berbicara di depan umum (public speaking). Khususnya di era digital media, profesi dengan label public speaker mengalami banyak perubahan, bahkan youtuber, selebgram di era ini sudah bisa menyebut dirinya sebagai seorang ‘public speaker’.

Kemal yang sudah memiliki pengalaman menjadi public speaker semenjak menjadi VJ di radio Gen FM dan kemudian merambah menjadi TV & Event Presenter berbagi pengalamannya dan tips-tips untuk menjadi public speaker yang baik.

Menurut Kemal berbicara di depan umum tidak sama dengan berbicara dengan teman, so you have to choose your words wisely dan harus menggunakan intonasi yang tepat. Kemal juga mengingatkan mulutmu harimaumu, your words is your responsibility, Kemal mencontohkan beberapa youtubers yang secara tidak sadar telah memberikan influence yang negative bagi viewers-nya.

Sementara itu bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi tentu sudah mengetahui bahwa nonverbal communication berkomunikasi 70% lebih banyak daripada mulut kita, sehingga gesture tubuh sangat berperan di menit pertama berkomunikasi dengan orang atau ‘first impression’ jangan sampai menimbulkan persepsi yang negative, khususnya skill ini dibutuhkan pada saat wawancara dengan HRD.

Bahkan di sesi tersebut Kemal mengajarkan peregangan sebelum memulai berbicara di depan umum, senam muka ini terdiri dari lion face, lemon face, speed boat, motorboat dan diafragma. Dari kelima senam muka tersebut masing-masing memiliki manfaat tersendiri, contohnya lion face manfaatnya untuk melemaskan otot-otot muka, sementara motor boat manfaatnya untuk melatih pernapasan dan melemaskan bibir, auidiens menjadi riuh ketika Kemal meminta mereka untuk memeragakannya secara bersamaan.

Di penghujung seminar, beberapa peserta yang beruntung mendapatkan kejutan membership dan tiket nonton gratis dari XXI.