Program studi Manajemen Universitas Bakrie (UB), bekerja sama dengan Anakmuda.net dan Kementerian Luar Negeri Indonesia, pada tanggal 28 Agustus 2016 mengadakan training, workshop dan diskusi yang disebut Road To ASEM Youth Entrepreneurial Meeting: Passion-preneur Challenge.

Asian Europe Meeting (ASEM) merupakan forum dialog dan kerjasama 30 negara di Eropa dan 21 negara Asia. Acara ini merupakan persiapan menuju kompetisi entrepreneurship pemuda dari negara-negara anggota ASEM yang puncak penyelenggaraannya dilakukan di bulan Oktober 2016. Sekitar 75 pebisnis tingkat pemula dari berbagai kampus di Indonesia hadir dalam acara yang diselenggarakan di ruang 9 Universitas Bakrie ini.

Agung Cahaya Sumirat, kasubdit II Direktorat Kerjasama Intrakawasan Amerika dan Eropa Kemlu RI yang hadir sebagai salah satu pembicara mengatakan bahwa, event ini penting untuk membuka mata para wirausaha muda Indonesia. “Forum ASEM memberikan banyak peluang untuk berbagai pihak di Indonesia, termasuk pengusaha muda. Kita harus proaktif dan menangkap peluang tersebut” kata Agung.

Hal senada juga diungkapkan M. Taufiq Amir, Ph.D, ketua program studi Manajemen UB, yang turut menyambut baik kerjasama yang terjalin dalam event ini. Beliau mengatakan, ada 2 hal yang relevan dengan prodi Manajemen UB. Pertama, prodi Manajemen UB selalu mendorong para mahasiswa untuk berorientasi global dan bergaul dengan masyarakat internasional. Kedua, mahasiswa selalu diajarkan bersikap sebagai layaknya pengusaha, yakni menangkap berbagai kesempatan untuk kemajuan karier, termasuk sebagai pengusaha. “Kurikulum dan proses perkuliahan yang kami rancang di sini mencoba memastikan lulusan dibekali dengan kedua hal di atas”, katanya.

Bertindak sebagai fasilitator utama di acara ini adalah Aryo Moedanton, CEO dan Founder Anakmuda.net yang juga alumnus program studi Manajemen UB. Selain membawakan materi Passion, Sustainability and Impact; 3 Ingredients in Modern Business , Aryo juga menjelaskan bagaimana strategi untuk dapat memenangkan kompetisi Passion-preneur Challenge ini. Dalam acara ini, baik penyelenggara maupun peserta menanda-tangani komitmen untuk mengembangkan kerjasama kewirausahaan antar negara anggota ASEM. Para peminat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kompetisi ini dapat mengakses halaman web resmi penyelenggara: https://asempreneurchallenge.com/