Program Studi Manajemen Universitas Bakrie mengadakan workshop Penggunaan Aplikasi Reference Manager Mendeley yang dilaksanakan di Ruang Garuda pada Rabu (18/04/2018). Pada workshop ini dihadirkan oleh para dosen dari berbagai program studi yang ada di Universitas Bakrie.

Pada workshop kali ini, Program Studi Manajemen Universitas Bakrie mengundang Ir. Aurino Djamaris, M.M. sebagai pembicara yang juga merupakan dosen Program Studi Manajemen Universitas Bakrie. Dalam workshop tersebut, peserta membawa laptop masing-masing untuk praktik pembuatan akun Mendeley. Peserta diarahkan mengenai pembuatan akun dalam Mendeley sampai pelatihan mengenai penggunaan Mendeley dari awal hingga sampai memiliki perpustakaan online sendiri.

Mendeley merupakan sebuah program aplikasi akademis gratis yang digunakan untuk mengelola dan berbagi jurnali penelitian, data penelitian, pengaturan referensi, bahkan dapat digunakan untuk bekerja sama kepada sesama peneliti secara online. Mendeley ini dapat diakses dimana saja seperti di handphone android, desktop pada komputer, dan juga website sebagai importer. Kegunaan dari Mendeley adalah pengguna dapat membuat perpustakaan sendiri, pengguna juga dapat mengelola dokumen miliknya dan referensi, memasukan sitasi dan daftar pustaka, berbagi referensi dengan sesama kelompok penelitian, dan pengguna dapat membuat perpustakaan online miliknya sendiri.

Dengan mengikuti workshop ini, peserta diharapkan dapat menggunakan tools penting dalam aplikasi Mendeley sebagai reference manager. Peserta juga dapat mensinkronkan Microsoft Word dengan aplikasi Mendeley sehingga mempermudah peserta dalam pembuatan daftar pustaka. Selain itu, peserta juga dapat mengelola Library dalam aplikasi Mendeley tersebut dan diharapkan peserta juga dapat menggunakan web importer dalam aplikasi Mendeley tersebut.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, para dosen juga dapat mengaplikasikan kepada mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir dalam penulisan tugas karya akhir sehingga dapat mempermudah dalam mengelola referensi penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan juga memberikan bekal kepada mahasiswa yang ingin menjadi peneliti nantinya.