Peserta: Bpk. Irwan Sjarkawi (Bakrie and Brothers), Bapak Made Brunner (Universitas Bakrie), Ibu Susy Rostiyanti (Universitas Bakrie), Ibu Julianty Dwieliza (KBRI Copenhagen), dan Bapak Pasi Lehmusluoto

 

Pertemuan dengan Marimatic

Bergerak dalam bidang pengangkutan sampah domestik menggunakan sistem perpipaan dan vakum (pneumatic conveying systems).  Sistem ini lebih ditujukan untuk suatu kawasan dan bukan untuk sistem dalam bangunan. Perusahaan sudah bergerak dalam bidang ini selama 30 tahun dan saat ini tengah mengerjakan sistem penyaluran sampah domestik di Makkah dan Maddinah. Tenaga listirik yang diperlukan adalah sebesar 35 Kwh/ton sampah dengan menggunakan pipa komposit 200 – 400 mm. Tenaga ini lebih hemat daripada sistem pengumpulan sampah menggunakan truk (100 -120 Kwh/ton) atau 150 Kwh untuk perpipaan dengan diameter yang lebih besar. Merek yang digunakan adalah Taifun dan MetroTaifun. Di Asia perusahaan ini mempunyai cabang di Singapura. 

Potensi pengembangan: sistem pengolahan sampah terpadu (pengangkutan dan pengumpulan) didalam suatu kawasan pemukiman 

Viikinmäki wastewater treatment plant 

Instalasi pengolahan air buangan ini sangat unik karena berada di bawah tanah dan dibangun didalam gua batuan granit.  Tepat diatas instalasi ini terdapat bangunan apartemen, sehingga nilai jual lahan tidak terpengaruh.  Instalasi perlu ditanam dalam tanah untuk menghindari pengaruh musim dingin yang dapat membekukan air dan mengganggu sistem pengolahan.  Air hasil olahan yang telah memenuhi syarat disalurkan melalui pipa bawah tanah sepanjang 16 km untuk dilepaskan ke laut Baltik.