JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Untuk selalui meningkatkan kompetensi diri, membangun network dan bekontribusi bagi kepentingan masyarakat sangat disadari oleh Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie, sehingga pada tanggal 10 November 2013 – 16 November 2013, tiga orang dosen Prodi Teknik Sipil yang terdiri dari Prof. Ir. Sofia Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. (Rektor Universitas Bakrie), Dr. Susy Fatena Rostiyanti, S.T., M.Sc. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Bakrie), dan Suwito, Ph.D. (Peneliti senior di Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie) bersama satu orang dosen dari Prodi Teknik Lingkungan (I Made Brunner, Ph.D.) mengunjungi Aarhus University, Denmark dalam rangka preparation phase perolehan hibah dari pemerintahan Denmark melalui project DBP (Danida Business Partnership). Project DBP kali ini mengangkat tema “Capacity-building of the energy efficient building sector through educational strengthening of Universitas Bakrie in Indonesia”.

  1. Hasil kunjungan ke Aarhus University menghasilkan beberapa keputusan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Prodi Teknik Sipil, diantaranya adalah:
  2. Memetakan faktor-faktor efisiensi energi ke dalam keseluruhan mata kuliah yang diajarkan di Prodi Teknik Sipil untuk meningkatkan awareness terhadap efisiensi energi.
  3. Prodi Teknik Sipil (beserta Prodi Teknik Lingkungan) menjadi Prodi percontohan yang melakukan energy mapping di dalam penyelenggaraannya.
  4. Matriks kompetensi kurikulum di Prodi Teknik Sipil disusun dan disesuaikan dengan teori Bloom yang sejalan dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan kurikulum di Aarhus University. Teori Bloom mengelompokkan pendidikan ke dalam tiga domain, yaitu: Domain Kognitif, Domain Afektif dan Domain Psikomotor.
  5. Kerja sama penelitian dosen dalam topik efficiency energy dan renewable energy.
  6. Pertukaran pelajar.
  7. Beasiswa alumni Universitas Bakrie untuk menempuh program Master di Aarhus University (bebas tuition fee) serta memperoleh tunjangan biaya hidup.

Kerjasama Prodi Teknik Sipil dengan Aarhus University tidak selesai dengan poin-poin di atas, skema kerjasama berikutnya akan dirumuskan dan pelaksanaannya melibatkan keseluruhan civitas di lingkup Prodi Teknik Sipil Universitas Bakrie. Sesudah tahap preparation selama 6 bulan (November 2013 – April 2014), program DBP (Danida Business Partnership) ini akan dilanjutkan ke tahap implementasi untuk jangka waktu 3-4 tahun ke depan.