Sampah makanan merupakan salah satu masalah utama di seluruh dunia. Bayangkan, rata-rata sepertiga makanan yang dihasilkan di dunia tidak termakan. Terutama di kalangan urban saat ini, masyarakat memiliki kecenderungan untuk membeli dan memasak lebih dari yang dibutuhkan. BagiMak Kini hadir lebih dekat berkolaborasi dengan Prodi Teknik Lingkungan (TLK) Universitas Bakrie yang hadir secara Offline pada tanggal 17-24 Agustus di Universitas Bakrie (UB) Kuningan, Jakarta Selatan lewat Program Campus Food Table.

Mungkin Sebagian kita ada yang belum tahu Tentang BagiMak, Apa itu BagiMak ? BagiMak Merupakan Social Intiative untuk mengurangi sampah makanan (Food Waste) Yang bergerak pada di Media Sosial Instagram, Ibu Prismita Nursetyowati ST, MT. Selaku Dosen Teknik Lingkungan & Kordinator Acara BagiMak. Menjelaskan BagiMak merupakan komunitas berbagi makanan bagi warga ibu kota. Diawali dari ide 6 anak muda melalui kompetisi Smart Living Challenge 2015 yang peduli dengan isu sampah makanan, diharapkan BagiMak dapat menjadi solusi untuk mengurangi makanan yang akhirnya tidak termakan karena terlalu berlebihan jumlahnya. BagiMak pun percaya pada dasarnya semua orang itu baik, sehingga inisiatif ini bisa dijadikan sebagai ajang berteman antara pembagi dan penerima. untuk lebih tau tentang BagiMak bisa follow account  instagram @BagiMak.

Dekorasi booth Stand bagimak yang berada di Kampus Universitas Bakrie

Apa itu CampusFoodTable dan apa hubungannya dengan BagiMak ?

Di CampusFoodTabel ini Makanan berlebih yang akan dibagi oleh warga kampus UB di-post via IG pribadi lalu tidak perlu janjian lagi, cukup disimpan di Booth BagiMak di depan kaca besar Kampus UB. Jadi makanan Warga kampus dapat langsung mengambil makanan yang disukainya, bisa di-post juga sebagai tanda apresiasi . Makanan Berlebihan yang ada di rumah atau kost Bisa di bagi dan disimpan di CampusFoodTable Wah seru sekali bukan? Selain bisa berbagai kebahagiaan , Bisa Berpartisipasi dalam pengurangan Sampah Makanan di kampus.

Warga Kampus Universitas Bakrie juga sangat Antusias tetang adanya acara BagiMak ini. Mereka juga dapat menanyakan Sosialisasi atau Program apa saja yang berada di BagiMak. Hal ini terbutkti dengan kunjungan Booth BagiMak yang melebihi Target Pengunjung. Semoga dengan adanya kolaborasi antara BagiMak dengan Prodi Teknik Lingkungan ( TLK ) Universitas Bakrie (UB) Diharapkan,budaya mengurangi sampah makanan ini menjadi budaya baru kampus yang positif dan berpengaruh signifikan pada pengurangan jumlah sampah yang dihasilkan di kampus UB. Sehingga UB menjadi kampus yang peduli dan berpartisipasi dalam pegurangan sampah makanan di Indonesia.