Program Studi Manajemen Universitas Bakrie terlibat dalam program pengembangan manajer Kelompok Usaha Bakrie.

Program yang disebut Bakrie Middle Management Development Program V (BMMDP) ini berlangsung pada tanggal 20-23 September 2016 di kampus Universitas Bakrie dan diikuti oleh 28 manajer dari 10 perusahaan dalam grup Bakrie.

Program yang dikelola oleh Bakrie Strategic Solution (BSS) dan Bakrie Learning Center (BLC) ini merupakan bagian dari rangkaian Bakrie Leadership Journey, satu jalur pengembangan kepemimpinan di Kelompok Usaha Bakrie. “Program ini ditujukan bagi mereka yang berpotensi jadi pimpinan puncak dalam grup. Mereka diharapkan dapat melakukan perbaikan proses bisnis dan mampu menganalisa peluang potensial bagi pertumbuhan perusahaan di masa depan” ujar Okder Pendrian, Direktur dan CEO dari BSS. Selain berkaitan dengan masalah teknis kepemimpinan, BMMDP juga bertujuan memperteguh penerapan nilai-nilai yang dianut dan dijalankan para grup Bakrie. “BMMDP bukan hanya merupakan program pengembangan teknis kepemimpinan semata, tetapi juga turut menanamkan nilai nilai yang ada di Trimatra Bakrie kepada seluruh pemimpin Bakrie Group di masa mendatang." Kata Vidi Rosen, Head of BLC.

Dalam pelatihan dan pengembangan selama 4 hari ini, program studi manajemen Universitas Bakrie melalui dosennya merancang dan memfasilitasi 3 modul pelatihan, yaitu: Intrapreneurship Development yang difasilitasi oleh Dr. Didit Herawan, Developing Positive Leadership oleh M. Taufiq Amir, Ph.D, dan Problem Solving and Decision Making oleh Dr. B.P Kusumo Bintoro.

Keterlibatan para dosen dalam program pengembangan manajer ini punya manfaat khusus bagi bagi Universitas Bakrie (UB). Taufiq Amir, yang juga ketua program studi Manajemen Universitas Bakrie menyatakan kerjasama UB-BSS ini tidak terlepas dari upaya pengembangan keterampilan dosen dan bahan ajar kuliah. Taufiq mengatakan, “Kita berusaha konsisten dengan tagline Experience the Real Things yang diusung Universitas Bakrie. Keterlibatan para dosen dalam program ini memberi peluang bagi mereka untuk berinteraksi dengan para praktisi dan isu-isu penerapan, yang nantinya mewarnai perkuliahan”.

Disamping materi di atas, peserta program juga mendapatkan modul-modul lain seperti Managing Self & Team, Understanding Our Business, Managing Performance dan Managing Jobs & Execution. Selain Okder Pendrian dan Vidi Rosen dari BSS/BLC, turut terlibat dalam memfasilitasi adalah eksekutif dari grup perusahaan Bakrie, seperti diantaranya Indra N. Ginting (Chief Strategic & Business Development Officer PT Bakrie & Brothers, Tbk), Dody T. Wijaya (Direktur Independen PT Bakrie & Brothers, Tbk) dan Mahmud Samuri (Vice President Human Resources & General Affairs PT Bumi Resources Tbk).

Berdasarkan materi dan tugas-tugas yang diberikan, di hari terakhir para peserta diwajibkan untuk mengusulkan sebuah proyek kongrit berdurasi 3-5 bulan yang dapat dilakukan di perusahaan asal mereka.