Senin 14 Januari 2013 yang lalu, para dosen Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie melakukan kunjungan ke Prodi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha 10 Bandung. Pertemuan ini bertujuan untuk berdiskusi mengenai kurikulum Teknik Lingkungan Universitas Bakrie dengan para dosen di Teknik Lingkungan ITB yang sudah lebih berpengalaman dalam menyusun kurikulum. Hal ini guna meningkatkan kualitas kurikulum Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie.

Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie merupakan Prodi yang “muda” karena baru berdiri pada Agustus 2012 yang lalu. Oleh karena itu, diperlukan banyak input dari berbagai Universitas yang memiliki Prodi Teknik Lingkungan. Hal ini bertujuan agar ditemukan suatu benang merah yang nantinya menjadi main spirit dari Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie. Benang merah ini tercermin dari kurikulum yang disusun oleh para dosen Teknik Lingkungan Universitas Bakrie.

Prodi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung merupakan Prodi Teknik Lingkungan yang tertua di Indonesia. Berdiri pada tahun 1962, Prodi Teknik Lingkungan (dahulu bernama Teknik Penyehatan) telah memberikan banyak sumbangsih pengembangan ilmu, teknologi dan konsep-konsep pembangunan dengan wawasan lingkungan yang kental. Bidang yang dipegang kuat oleh TL ITB adalah bidang air bersih, air buangan, pencemaran dan kualitas udara, persampahan, sanitasi lingkungan, drainase, dan kesehatan lingkungan.

Diskusi yang didampingi oleh Dr. Indah Siti Salami, Dr. Benno Rahardyan dan Dr-Ing Marisa Handajani bertempat di ruang Multimedia Teknik Lingkungan. Dalam diskusi ini ditekankan untuk memperhatikan kompetensi utama yang wajib dimiliki oleh lulusan Teknik Lingkungan, seperti pengetahuan di bidang pengolahan air minum, pengolahan dan pencegahan pencemaran air limbah, B3, kesehatan masyarakat dan lingkungan, dan sistem pengelolaan lingkungan.

Pada kurikulum Teknik Lingkungan Universitas Bakrie, kompetensi dasar tambahan diberikan pada bidang B3. Caranya yaitu dengan memasukkan 3 mata kuliah spesifik mengenai B3 yaitu pengenalan material, bahaya/risk B3 dan pengolahan limbah B3. Tujuannya. lulusan dari Teknik Lingkungan Universitas Bakrie memiliki keahlian/keunggulan pada bidang kerja yang cukup spesifik, yaitu B3.

Kemampuan dan keterampilan pilihan/khusus juga diberikan kepada mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie melalui paket mata kuliah pilihan khusus, yang terdiri dari Manajemen Limbah, Lingkungan Industri, Manajemen Sumber Daya Alam dan Manajemen Bencana.

Input yang diberikan dari para dosen Teknik Lingkungan ITB sangat berguna untuk membuat kurikulum Teknik Lingkungan Universitas Bakrie menjadi lebih berkualitas guna membentuk lulusan Teknik Lingkungan yang menguasai bidang keahliannya.