Tri Dharma perguruan tinggi sebagai salah satu pondasi dan dasar tanggung jawab yang dipikul oleh sebuah perguruan tinggi harus diperkuat secara simultan dan bersama-sama. Tri Dharma perguruan tinggi merupakan tiga pilar dasar pola pikir dan menjadi kewajiban bagi seluruh Universitas khususnya di Indonesia, hal inilah yang menjadi dasar pertimbangan Universitas Bakrie secara konsisten mengembangkan berbagai bentuk kerjasama dengan berbagai institusi yang bonafid yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengembangan; dan pengabdian terhadap masyarakat demi meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran yang berdampak pada output lulusan yang akan terserap di masyarakat.

Salah satunya adalah menjalin kerjasama dengan Universitas Pertahanan (Unhan) yang  dilaksanakan di Gedung Rektorat Universitas Pertahanan (Unhan) Kawasan IPSC Sentul,Bogor pada Kamis (28/12). Dalam kesempatan tersebut Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil menyampaikan terima kasih atas kunjungan Rektor Universitas Bakrie (UB) Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D beserta jajarannya  dan mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin tersebut.

Rektor Unhan memperkenalkan Universitas Pertahanan (Unhan) yang didirikan pada Maret 2009 yang berada di satu kawasan IPSC (Indonesia Peace and Security Center) Sentul Bogor Jawa Barat,  yang terdiri dari tujuh Institusi yaitu  BNPT, BNPB, Standby Force, Puspamhar, Unhan, Pusat Bahasa, PMPP, dan saat ini Unhan terakreditasi “A” dan telah memiliki 4 Fakultas diantaranya Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP), Fakultas Strategi Pertahanan (FSP), Fakultas Keamanan Nasional (FKN), Fakultas Teknologi Pertahanan (FTP).

Rektor Unhan berharap penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Unhan dan UB dapat meningkatkan kedua institusi pendidikan dalam hal pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Rektor UB juga menyampaikan apresiasinya, karena di penghujung tahun dapat terlaksana sebuah bentuk kerjasama yang dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak demi sebuah visi yang mulia yaitu memajukan kualitas pendidikan dan pengajaran di Indonesia khususnya di level perguruan tinggi.

Kerjasama antara UB dan Unhan telah lama terjalin, seperti menghadirkan dosen tamu baik di Unhan maupun di UB,  penelitian bersama yang melibatkan dosen dari kedua Universitas, joint Publication, joint supervision, dan beberapa lulusan Unhan juga menjadi dosen tidak tetap di UB.

Meninjau track record kerjasama yang dilakukan oleh dosen dan peneliti di kedua universitas, sudah selayaknya penandatanganan kesepakatan ini dilakukan, sebagai platform untuk kerjasama dan kolaborasi yang lebih baik lagi di masa depan. Disadari bahwa UB maupun Unhan merupakan universitas yang tergolong muda dari usia dibanding dengan sekian banyak universitas lain di Indonesia, tetapi dengan sumberdaya yang dimiliki, berlandaskan niat baik, konsistensi untuk mengembangkan mutual collaboration dan ketentuan untuk terus meningkatkan kapasitas diri, kami yakin kedua universitas dapat menghasilkan professor – professor yang ahli di bidangnya, menyelenggarakan penelitian dan pengabdian yang bermanfaat dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat, bangsa dan Negara.