Presentasi Collaborative Paper pada ICPS4-2016 - The International Conference on Protective Structures, Beijing

Pada tanggal 17-20 Oktober 2016 yang lalu, rektor Universitas Bakrie mengikuti the 4th International Conference on Protective Structures di Beijing, China. Konferensi internasional ICPS4-2016 bertujuan dan fokus pada masalah perlindungan struktur dan infrastruktur bangunan, jembatan, bendungan, jaringan pipa dan lainnya akibat beban gempa, beban ledakan dan beban impact yang diakibatkan oleh serangan teroris atau beban ledakan lainnya yang terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja.

Konferensi ICPS4-2016 dibagi menjadi 4 topik yaitu:

  1. Numerical methods and simulations;
  2. Experimental studies and full scale tests;
  3. Dynamic material properties;
  4. Strengthening and mitigation measures.

Sejumlah 137 abstrak telah diterima oleh organizing committee dan pada akhirnya terdapat 102 makalah yang disetujui untuk diterbitkan dalam proceeding dan dipresentasikan selama konferensi berlangsung sesuai dengan susunan acara. Setiap makalah telah direview oleh para pakar agar dapat dipastikan bahwa semua makalah yang terbit dalam proceeding tersebut merupakan makalah yang berkualitas. Setelah konferensi ini selesai, makalah terpilih akan direkomendasikan untuk dapat dipublikasikan pada edisi khusus IJPS (International Journal of Protective Structures).

Sebelum presentasi paper

Sebelum presentasi paper 

Organizing committee ICPS4-2016 telah mempersiapkan pembicara kunci pada sesi pleno dan sesi paralel dari 18-20 Oktober 2016 yang terdiri dari:

  1. Prof. A. Ghani Razaqpur dari Mc Master University Canada dengan topik Blast Safety Evaluation Building.
  2. Prof David Yankelevsky dari Technion-Israel Institute of Technology, Israel dengan topik Resistance of a Concrete Target to a Rigid Projectile Penetration-an Overview.
  3. Prof. Mark G. Stewart dari University of New Castle, Australia dengan topik Chasing Ghost-the Nature of the Terrorist Adversary.

 

Pada saat presentasi makalah

Agar ke 102 makalah dapat dipresentasikan dengan baik oleh seluruh peserta, maka pada konferensi ICPS4-2016 ini dibagi menjadi 4 parallel session yang meliputi topik sebagai berikut:

  • Explosion and impact loads on structures
  • Munitions effects on structures
  • Projectiles penetration and perforation on structures
  • Vehicle or ship impact with structures
  • Impact on structures and structural elements
  • Blast and impact resistant design of structures
  • Strengthening and retrofitting techniques for structures
  • Protective and innovative materials
  • Material behavior at high strain rates

 

Collaborative paper 

Makalah kami yang merupakan collaborative paper antara Prof. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. (Rektor dan Guru Besar Universitas Bakrie), Prof. Dr. Wiratman Wangsadinata (Presiden Direktur PT Wiratman); Irene Alisjahbana (Mahasiswi tingkat 3 Teknik Sipil, Universitas Indonesia) dengan judul “The Dynamic Response of Orthotropic Plates to Localized Step Triangular Blast Load” dipresentasikan pada parallel session dengan topik blast and impact resistant design of structures pada tanggal 19 Oktober 2016. Makalah kami memperoleh perhatian khusus dari para peserta sesi tersebut karena makalah kami memberikan solusi eksak dari defleksi dinamik sistem akibat beban ledakan.

Di depan kampus Beijing Institute of Technology

Topik mengenai respons struktur bangunan akibat beban ledakan merupakan topik yang perlu mendapat perhatian khusus dari para engineer dalam merancang struktur bangunan agar tahan terhadap beban ledakan yang diakibatkan oleh serangan teroris ataupun akibat beban ledakan lainnya. Makalah kami menampilkan bagaimana respons dinamik dari pavement plate akibat beban ledakan setempat yang berbentuk step triangular yang ternyata dipengaruhi oleh posisi dari beban ledakan, tebal pelat serta pemodelan dari tanah di bawah pavement plate.

Beserta President dari Tianjin Chengjian University dan Prof. Priyo Suprobo, Ph.D. dari ITS

Penelitian lanjutan mengenai topik ini akan dikembangkan untuk masalah non-linear serta perlu dilakukan pemodelan dari beban ledakan di laboratorium sehingga hasil yang diperoleh secara analitis dapat dibandingkan dengan hasil secara experimental.

Berfoto bersama dengan seluruh peserta ICPS4-2016 di kampus Beijing Institute of Technology

Pada koferensi internasional ini terdapat peserta lain yang berasal dari Indonesia yaitu Prof. Priyo Soeprobo, Ph.D. dan Sdr Chandra Irawan dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Pada kesempatan ini, sayapun memiliki kesempatan untuk mengenal Prof. Ishikawa dari National Defense Academy, Japan; Prof. Zhongxian Li, President dari Tianjin Chengjian University, China; Prof. Chengqing Wu dari University of Technology Sydney, Australia; Dr Steve Chung Kim Yuen dari University of Cape Town dan Ass. Prof. Dr. U. Johnson Alengaram dari University of Malaya.

Mudah-mudahan dengan mengikuti konferensi ICPS4-2016 ini, network dan collaborative research dapat berkembang kedepannya.

Berita Lainya