Kerjasama Teknik Sipil Universitas Bakrie dengan Gerakan Ciliwung Bersih

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan CSR yang di inisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bakrie.

 

Gerakan Ciliwung Bersih adalah sebuah yayasan nirlaba yang memiliki visi dan misi untuk membersihkan sungai ciliwung demi kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Pada tahun 2016 kualitas air dari Sungai Ciliwung meningkat. Beberapa program pengembangan diantaranya Ciliwung Center khususnya Program Kerjasama salah satunya dengan Universitas Bakrie.

Jakarta Integrated River Revitalization on Climate Adaptation and Resilience (from Ambition to Action) adalah pendekatan yang dilakukan oleh GCB, bagaimana menata dan merevitalisasi sesuai dengan fungsinya.

Upaya-upaya penanggulangan inilah yang disebut dengan adaptasi, yang merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh Ibukota Jakarta. Strategi adaptasi mengintengrasikan banjir dengan penataan ruang di Jakarta, integrated planning yang hijau dan biru, 30% rencananya Jakarta harus hijau seperti RPTRA.

Harus dilakukan pendekatan tidak hanya internal tapi juga internasional, karena climate change adalah masalah global. Ke depannya penjajakan kerjasama antara Universitas Bakrie dan Gerakan Ciliwung Bersih ini selain melibatkan kegiatan mahasiswa akan melibatkan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bakrie sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi.

Kerjasama ini sebagai tools yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa tidak hanya dalam bentuk CSR tapi juga bisa dikembangkan dalam bentuk social entrepreneurship sebagai pilot project.

Berita Lainya