Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) pada 1984, Suwandi melanjutkan ke jenjang S2 Magister Sains di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada 1992 dan S3 dalam bidang Entrepreneurship di universitas yang sama pada 2000.

 

Sejak 2008 menjadi dosen tetap Bakrie School Of Management (BSM)yang kini berubah menjadi Universitas Bakrie (UB), sekaligus dipercaya sebagai  Wakil Ketua LPM Universitas Bakrie. Selain itu,  Suwandi juga menjadi tenaga ahli praktisi di bidang Kelembagaan Koperasi dan UMKM pada Kementerian Koperasi dan UKM. Meraih penghargaan: Lencana Bhakti Koperasi dari Pemerintah RI pada 12 Juli 2004.

Sebagai dosen dan akademisi, Suwandi mengembangkan Ilmu Kewirausahaan (Entrepreneurship Science) dan Manajemen Keuangan untuk berbagai bidang  terapannya, terutama pada lingkup bidang Koperasi dan  Usaha Mikro Kecil Menengah (CSMEs). Sebelum di UB, Suwandi mengajar di Ikopin Bandung  antara tahun 1985-2003, sebagai  dosen dan oponen di Program Pasca Sarjana (S2 dan S3)  Unpad Bandung, Universitas Parahyangan Bandung, IPB Bogor, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Mercu Buana Jakarta dan beberapa Program Magister Manajemen di Semarang dan Jakarta. Mempunyai pengalaman luas dalam dunia pelatihan, pembinaan, pengembangan dan penelitian Manajemen, Kewirausahaan, Perkoperasian dan UKM serta CSR.  Selain aktif menulis di berbagai media seperti Pikiran Rakyat Bandung, Suara Merdeka Semarang, Bisnis Indonesia,  Suara Karya dan majalah-majalah, juga sempat menjadi Pembantu Rektor I bidang akademik dan kerjasama Ikopin (2000-2004) dan Direktur Program Pascasarjana/ Program Magister Manajemen Ikopin (2001-2003). Saat ini (2009-2010) aktif sebagai anggota Tim Sosialisai UU nomor 20/2008 tentang UMKM, di samping  menjadi anggota  tim penyusun RUU Koperasi dan Tim Penyusunan Grand Design Pembangunan Koperasi Indonesia.