Gelar pertamanya sebagai sarjana teknik dalam bidang Teknik Mesin diperolehnya tahun 2010 dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Melalui beasiswa penuh yang dia peroleh dari pemerintah Indonesia, LPDP, dia mendapatkan gelar Master of Science (M.Sc) dari University of Manchester di bidang Advanced Manufacturing Technology and Systems Management..

Sebelum bergabung sebagai staf pengajar di Universitas Bakrie pada Oktober 2016, Edo Suryopratomo, MSc bekerja di PT. Astra Otoparts divisi WINTEQ (Workshop for Industrial Equipment), sebuah perusahaan otomasi permesinan dan special purpose machine dari tahun 2012-2015 sebagai engineering knowledge management section head. Beliau bertanggung jawab dalam sistem dokumentasi dan manajemen data engineering, pembuatan buku panduan operasional dan pemeliharaan produk perusahaan, dan juga penerapan ISO 9001:2008 Quality Management System di dalam perusahaan. Dia juga terlibat sebagai vendor development team, dan pada 6 bulan terakhir dia bekerja sebagai research and development engineer mesin lathe-CNC-3 axis.

Setelah bekerja di anak perusahaan PT. Astra Internasional tbk tersebut, beliau memutuskan untuk studi lanjut jenjang strata-2 bidang Advanced Manufacturing Technology and Systems Management. Thesis magisternya berjudul “Tool wear and hole quality investigation of high speed drilling Al 7050”.