JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Gelar pertamanya sebagai insinyur dalam bidang metalurgi diperolehnya tahun 1983 dari Universitas Indonesia. Melalui beasiswa yang diperoleh dari The British Council, ia mendapatkan dua gelar sekaligus yaitu MSc.Eng. dari University of Birmingham dalam bidang Proses Manufaktur dan Manajemen pada tahun 1988 dan gelar Ph.D. dalam bidang Ilmu dan Teknik Material pada tahun 1992.

 

Esa Haruman, Ph.D. secara aktif berperan aktif dalam aspek akademik maupun praktis dalam bidang keahliannya melalui keterlibatannya pada institusi pendidikan tinggi dan industri yang berhubungan dengan pengolahan dan fabrikasi logam selama lebih dari 28 tahun.

Pada periode 1993-1996, ia menjabat sebagai sekretaris program studi pada pascasarjana Teknik Metalurgi Universitas Indonesia. Pada periode yang sama ia juga menjabat sebagai koordinator program untuk gelar pascasarjana bersama yang bekerja sama dengan Queensland University of Technology, Australia. Ia telah mengabdi pada beberapa institusi pendidikan di Indonesia dan di kawasan Asia Tenggara (Malaysia dan Brunei Darussalam). Pada periode 1998-2001, ia mengajar paruh waktu di beberapa universitas swasta di Indonesia dan sepanjang tahun 2000-2002 ia ditunjuk untuk mengepalai program pascasarjana Teknik Industri di Universitas ITN Malang, Indonesia. Pada periode 2006-2008, Esa Haruman, Ph.D. ditunjuk sebagai Kepala Pusat Enjinering (Engineering Centre) FT UI, yaitu institusi yang bertujuan untuk melayani masyarakat umum termasuk Pemerintah untuk memberi informasi, assessment dan konsultasi mengenai aplikasi teknologi terkini. Dalam masa kepemimpinannya yang singkat tersebut, ia telah membangun kerja sama dengan Dewan Kementrian Pertahanan Indonesia, CPIT Research Swiss, Lee Kuan Yew Foundation, dan beberapa kerja sama penting lainnya dengan pemerintah daerah dan kantor-kantor pemerintahan. Jabatan akademik terakhirnya adalah sebagai professor madya (associate professor) pada Technology University MARA, Malaysia(2009-2011), dan sekarang ia menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer di Universitas Bakrie, Indonesia.

Pengalaman industrinya diperoleh Esa Haruman saat ia bekerja sebagai instruktur pelatihan dan konsultan teknik di bidang logam yang berkaitan dengan berbagai industri seperti heat treating equipment manufactur (Quality Heat Treatment PTY, Australia), Assab-Swedish Tool Steels Indonesia, dan GMF-Garuda Indonesia.

Sebagai peneliti, Esa Haruman Ph.D. pernah mendapatkan hibah penelitian sebesar RM 280.000 dari pemerintah Malaysia melalui kompetisi dana penelitian pada periode 2005-2009, dan hingga saat ini telah mempublikasi 32 judul artikel di berbagai jurnal internasional yang terindeks oleh Google-Scoolar (h-index = 8), dan 25 dari artikel tersebut telah terindeks oleh Scopus-Elsevier (h-index = 7), berikut dengan 4 jurnal yang telah diterbitkan dalam jurnal lokal terakreditasi, dan 24 karya ilmiahnya telah dipublikasikan di berbagai seminar dan konferensi internasional. Penghargaan bergengsi diperolehnya dari Elsevier sebagai salah satu penulis yang artikelnya paling banyak disitasi (2005-2010) dalam Vacuum, vol. 81, issue 1, 2006. Selain keahliannya dalam pemanasan dan rekayasa permukaan dari paduan logam, Esa Haruman juga memiliki peminantan dalam bidang proses manufaktur material lanjut, ekonomi teknik, produksi dan manajemen operasi.