JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

Berita Prodi Akuntansi

 

Prodi Akuntansi Guest Lecturer & Field Trip

Jakarta (25/5)-Program Studi Akuntansi Universitas Bakrie bekerjasama dengan Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I mengadakan acara seminar “Tax Goes to Campus”. Acara ini mengundang Pemilik/Pengurus Yayasan Pendidikan, Dosen dan Mahasiswa se-Jakarta Selatan atau wilayah Kopertis III.

 

 Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie Dr. Dudi Rudianto, SE, M.Si. memberikan sambutan pada acara Tax Goes to Campus 

Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I Dr. Sakli Anggoro, M. P.Ac. memberikan sambutan pada acara Tax Goes to Campus 

Bertempat di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie, seminar dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama dengan tema “Seminar Pajak Yayasan Pendidikan” bagi pemilik/pengurus Yayasan dan dosen dan sesi kedua dengan tema “Seminar Bisnis Online dan Pelaporan Pajak Online” dengan peserta mahasiswa/I perwakilan dari Universitas di Kopertis Wilayah III.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie Dr. Dudi Rudianto, SE, M.Si. dan Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I Dr. Sakli Anggoro, M. P.Ac. Dalam Sambutannya Dr. Dudi mengatakan Universitas Bakrie menyadari pentingnya proses sosialisasi perpajakan kepada masyarakat, karena pajak memegang peranan penting dalam pembangunan Indonesia dan kemakmuran bangsa, sedangkan Dr. Sakli mengatakan tahun depan Departemen Keuangan akan membuka lowongan praktek magang dan karyawan bagi mahasiswa/I, terutama dalam hal pengolahan data pajak yang sudah menjalankan sistem online atau e-filling.

Pada sesi pertama “Seminar Pajak Yayasan Pendidikan” mengundang pembicara yaitu Wakil Ketua Umum Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Prof. Dr. Jurnalis Uddin dan Kepala bidang P2 Humas Kanwil DJP Jaksel I Drs. Yandri Manulang dan dimoderatori oleh Dosen Prodi Akuntansi Rene Johannes, S.E., M.Si., Ak. Dalam sesi pertama ini seminar memfasilitasi jembatan komunikasi antara pemilik/pengurus yayasan dengan Dirjen Pajak terkait dengan teknis di lapangan, menjawab pertanyaan Dr Jurnalis mengenai pajak yang dikenakan terhadap yayasan pendidikan, Pak Yandri menjelaskan DJP hanya menjalankan regulasi atau eksekutor, karena yayasan pendidikan berkewajiban untuk membayar pajak yang terutang (apabila ada) dan menyampaikan SPT Tahunan dan SPT Masa PPh sesuai dengan ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku.Tetapi memang ada penge-cualian, yaitu sesuai dengan Undang-Undang PPN adalah Jasa di bidang pendidikan termasuk salah satu jenis jasa yang tidak dikenakan PPN (dikecualikan dari pengenaan PPN).

Wakil Ketua Umum  (ABPPTSI) Prof. Dr. Jurnalis Uddin menajdi pembicara pertama di “Seminar Pajak Yayasan Pendidikan"

Kepala bidang P2 Humas Kanwil DJP Jaksel I Drs. Yandri Manulang memberikan pengarahan dan sosialisasi "Pajak Yayasan Pendidikan"

Seminar berlangsung interaktif dipimpin oleh moderator yang merupakan Dosen Akuntansi Universitas Bakrie Rene Johannes, S.E., M.Si., Ak.

Sementara itu, pada seminar kedua “Seminar Bisnis Online dan Pelaporan Pajak Online” dengan mengundang pembicara dari DJP Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan Kanwil DJP Jakarta Selatan, Tri Joko Suranto dan Deasy Purnamasari, alumni Prodi Manajemen Universitas Bakrie yang merupakan Product Manager dari bisnis start-up online Kudo Indonesia. Sesi kedua ini dimoderatori oleh Dosen Prodi Akuntansi Dr. Hermiyetti S.E., M.Si., CSRA. Deasy mengatakan di era digital seperti sekarang generasi millennial tidak bisa lepas dari aplikasi online, generasi tersebutlah yang disasar oleh Kudo Indonesia membangun start up preneur di Indonesia namun kadangkala pebisnis online ini luput dari isu pajak, sementara DJP mempresentasikan dan menjelaskan pengertian pajak secara umum dan proses bisnis dari Kantor Pelayanan Pajak, khususnya bagi pebisnis online.

Product Manager Kudo Indonesia yang merupakan alumni Universitas Bakrie menjelaskan membangun bisnis online bagi start-up preneur 

Pembicara dari DJP Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan Kanwil DJP Jakarta Selatan, Tri Joko Suranto

Mahasiswa/I yang hadir yang mayoritas jurusan akuntansi ini, sangat antusias dan sangat memperhatikan pembahasan demi pembahasan yang disampaikan oleh pemateri. Setelah pemaparan selesai, pemateri pun memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Pada akhir acara, para pemateripun berpesan dan mengingatkan kepada para peserta bahwa semua generasi muda penerus bangsa Negara Indonesia ini harus sangat peduli pajak demi pembangunan dan kemajuan Negara kita.

Ki-Ka: Pemenang Lomba Karikatur Perpajakan yang diadakan oleh DJP Kanwil Jaksel I dalam acara Tax Goes to Campus (25 Mei 2016). Juara 1: Melan Fatmawati (Akt, 13), Juara 2: Nurinna Azizi (Akt, 13, Juara 3: Veronica Grace (Akt, 13)

Selain seminar pada kesempatan tersebut diumumkan pula Lomba Karikatur Perpajakan yang diadakan oleh DJP Kanwil Jaksel I dalam acara Tax Goes to Campus, Juara 3, Veronica Grace (Akt, 13) dengan tema “Ayo Bayar Pajak demi Kelancaran Infrastruktur”, Juara 2, Nurinna Azizi (Akt, 13) dengan tema “Bayar Pajak? Lewat Online Aja” dan Juara pertama dimenangkan oleh Melan Fatmawati (Akt, 13) dengan tema “Pengusaha Muda Bayar Pajak”. Selamat kepada semua pemenang dan semoga seminar ini bermanfaat bagi semua peserta yang hadir.