Gunardi Endro menekuni Applied Ethics (Etika Terapan) sejak tahun 1996 ketika menempuh pendidikan Program Pascasarjana Magister bidang Filsafat (S2) di Universitas Indonesia yang diselesaikannya tahun 1999, sampai akhirnya menyelesaikan pendidkan doktoral (S3) bidang yang sama di National University of Singapore (NUS) tahun 2008.

Bidang yang ditekuni itu diperkuat oleh latar belakang pendidikan terapan sebelumnya yang bervariasi dan yang memberikannya gelar Sarjana Teknik (Ir) bidang Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Master in Business Administration (MBA) di bidang General Management dari Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI), dan Master of Social Science (M.Soc.Sci.) di bidang Economics dari National University of Singapore (NUS). Gunardi Endro juga memilki pengalaman kerja sebagai profesional selama kurang lebih sepuluh (10) tahun di berbagai perusahaan multinasional, seperti Siemens Indonesia, Indokomas (Cegelex), Unindo (Alstom) dan VATech Indonesia.
Dunia akademis mulai ditekuninya ketika bekerja sebagai Teaching Assistant di National University of Singapore (NUS) dan kemudian secara formal bergabung menjadi dosen di Universitas Bakrie pada tahun 2009. Matakuliah-matakuliah yang pernah diampunya adalah Microeconomics, Macroeconomics, Research Methodology, Business Ethics, Engineering Ethics, dan Corporate Governance. Bidang riset yang diminatinya meliputi business ethics, engineering ethics, economic philosophy, philosophy of management, corporate culture, philosophy of change, change management, corporate governance, leadership, project management, dan quality management. Saat ini Gunardi Endro juga menjadi anggota aktif di Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), dan Komunitas Pengusaha Antisuap Indonesia (KUPAS).