Sidebar

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie melaksanakan kegiatan pelatihan membuat majalah dinding 3 dimensi (3D mading) untuk siswa/siswi SMAIT Al-Kahfi, Bogor, Rabu (2/3/2016) lalu. Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi di bidang pendidikan.

 

Dalam kegiatan ini, beberapa mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie hadir langsung ke SMAIT Al-Kahfi untuk memberikan pelatihan tersebut. Mereka menjelaskan 3D mading sebagai salah satu bentuk media dalam menyampaikan informasi.

Selain memberikan penjelasan tentang 3D mading, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga mengajak seluruh siswa/siswi yang hadir untuk belajar membuat 3D mading bersama. Siswa/siswi SMAIT Al-Kahfi diminta untuk mempublikasikan aktivitas mereka dalam 3D mading bertema “share your moment with 3D mading”.
Praktik langsung membuat 3D mading ini merupakan bentuk aplikasi “experience the real thing” yang diterapkan dalam proses pembelajaran di Universitas Bakrie. Sehingga, siswa/siswi SMAIT Al-Kahfi tidak hanya memahami teori tentang 3D mading, tetapi mereka juga langsung mempraktikkannya.


Dalam pelatihan yang berlangsung lebih kurang tiga jam ini, siswa/siswi SMAIT Al-Kahfi berhasil membuat 3D mading. Masing-masing kelompok mempublikasikan beragam aktivitas mereka melalui 3D mading tersebut. Ada yang menceritakan aktivitas belajar, kehidupan sehari-hari sebagai siswa asrama, ekstrakulikuler, hobi, informasi-informasi ringan, bahkan cerita asmara siswa pesantren.


Siswa/siswi yang hadir tampak antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka berlomba-lomba menciptakan karya terbaiknya dengan memanfaatkan kertas lipat, styrofoam, dan barang-barang bekas lainnya. Kelompok yang membuat karya 3D mading terbaik berhasil mendapatkan hadiah berupa tiket jalan-jalan dari Universitas Bakrie.