Sidebar

Jakarta (24/2) Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2017 telah diresmikan bank sampah induk yang selama ini menjadi obyek Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen-dosen di Universitas Bakrie yang ditingkatkan statusnya dari Bank Sampah Marissa menjadi bank sampah induk Jakarta Selatan yg diberi nama GESIT yang terletak Jl. Menteng Pulo No. 1, Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan.

 

Latar belakang terbentuknya bank sampah induk ini adalah untuk menjaga standarisasi harga dan membina daerah-daerah yang belum memiliki bank sampah, khususnya mengedukasi masyarakat untuk dapat memanfaatkan sampah seperti di daur ulang sehingga memiliki added value. Diharapkan dengan adanya bank sampah ini harga sampah dapat stabil tidak lagi dimainkan oleh pemain-pemain di pasar. Bank Sampah Induk GESIT ini membawahi 10 kecamatan di Jakarta Selatan.

Bank Sampah Gesit diresmikan langsung oleh Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, yang dalam sambutannya mengatakan Bank Sampah Induk GESIT ini merupakan Bank Sampah Induk yang pertama di Jakarta dan menjadi pilot project, diharapkan kedepannya di Jakarta akan terbentuk bank sampah induk lainnya sesuai dengan visi dan misi pemerintah yaitu Indonesia Bebas Sampah di tahun 2020. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya Direktur Pengelolaan Sampah dari Kementrian Lingkungan Hidup, R. Sudirman dan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan LH Oswar Muadzin Mungkasa.