(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Sidebar

Program Magang atau Praktik Kerja atau internship (selanjutnya disebut Magang) Universitas Bakrie Praktik Kerja atau internship (selanjutnya disebut Magang) Universitas Bakrie merupakan suatu penugasan bagi mahasiswa untuk bekerja di Perusahaan atau Lembaga atau Instansi selama dua bulan. Magang merupakan kegiatan intra-kurikuler yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan pengamatan dan praktik kerja di perusahaan/lembaga atau instansi.

Magang merupakan upaya peningkatan pemahaman, wawasan, dan keterampilan mahasiswa sebagai calon Sarjana Strata Satu, maka semua mahasiswa Universitas Bakrie wajib mengikuti program magang, guna melengkapi kompetensi yang telah diperolehnya selama perkuliahan.

Perlu ada suatu Pedoman Magang sehingga pihak-pihak terkait (Mahasiswa, Program Studi, Dosen Pembimbing Magang/DPM dan Praktisi Pembimbing Magang/PPM dari Perusahaan /Lembaga/Instansi) dapat berinteraksi dengan baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

PERSYARATANRUANG LINGKUPSURAT MAGANGPELAKSANAAN MAGANGLAPORAN
 MAHASISWA dinyatakan dapat melamar untuk mengikuti Magang apabila:

  1. Telah menempuh semester 6 dan lulus atau menunggu nilai keluar minimal 100 Satuan
    Kredit Semester (SKS)
  2. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak kurang dari 2.00
  3. Masih terdaftar di Universitas Bakrie secara resmi dan berstatus aktif dalam tahun akademik
    berjalan
  4. Tidak sedang menjalani sanksi akibat pelanggaran akademis tertentu
  5. Telah memenuhi syarat akademis lainnya.
Pada intinya KEGIATAN yang tercakup dalam MAGANG adalah: 

  1. Pencarian Tempat melaksanakan magang yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan atau tanpa bantuan Bag. PSMM (Bag. PSMM menyediakan Daftar Tempat Magang)
  2. Kuliah Pembekalan yang diselenggarakan oleh Bag PSMM bersama Program Studi
  3. Pelaksanaan Magang, dengan bimbingan DPM serta Praktisi Pembimbing Magang (PPM)
  4. Pembuatan Laporan Magang
  5. Evaluasi (Pemeriksaan Laporan Oleh DPM, Perbaikan Laporan, Penilaian Akhir)
Permohonan Surat Kepada Perusahaan

  1. Mahasiswa meminta dan mengisi formulir pengajuan surat magang ke BAA
  2. BAA akan memproses permohonan pengajuan surat magang maksimal 3 hari setelah mahasiswa  melakukan pengajuan tersebut
  3. Mahasiswa akan mendapatkan surat magang dari BAA untuk disampaikan kepada perusahaan yang dituju dengan melampirkan persyaratan yang diperlukan

  1. Jangka waktu pelaksanaan Magang antara 8 (delapan) hingga 10 (sepuluh) minggu dengan waktu kerja 8 jam per hari selama 6 hari kerja seminggu (Atau ketetapan Praktisi Pembimbing Magang dengan persetujuan Dosen Pembimbing Magang)
  2. Pelaksanaan Magang serta perubahan KERANGKA ACUAN dicatat dalam sebuah JURNAL HARIAN yang merupakan lampiran dari KERANGKA ACUAN
  3. JURNAL HARIAN/MINGGUAN harus ditandatangani oleh Praktisi Pembimbing Magang setiap MINGGU dan diserahkan kepada Dosen Pembimbing Magang baik secara langsung, melalui media elektronik. Dosen Pembimbing Magang diharapkan memonitor kegiatan magang melalui Praktisi Pembimbing Magang dan mahasiswa bimbingannya. Kelalaian penulisan JURNAL HARIAN/MINGGUAN berakibat pembatalan Magang
  4. Apabila PERUSAHAAN/LEMBAGA/INSTANSI mengirimkan surat protes resmi yang dilampirkan bukti-bukti yang cukup, yang disebabkan oleh:
  5. Absen/tidak hadir di institusi tempat kerja tanpa alasan jelas,
  6. Melakukan perbuatan tercela
  7. Tidak melaporkan kejadian tersebut di atas kepada DPM dan

maka hal tersebut merupakan pelanggaran akademis yang berat dengan rekomendasi

sanksi mengulang pelaksanaan magang

  1. Akhir pelaksanaan MAGANG ditandai dengan Praktisi Pembimbing Magang mengisi Formulir Penilaian Magang untuk selanjutnya diserahkan kepada Prodi
  2. Pada akhir masa Magang, MAHASISWA dianjurkan untuk meminta surat keterangan pengalaman kerja yang resmi (referensi) dari PERUSAHAAN/LEMBAGA/INSTANSI tempat Magang.

PEMBUATAN LAPORAN & PENILAIAN MAGANG

  1. Pedoman Penyusunan Laporan Magang dapat dilihat di Buku Pedoman Magang
  2. LAPORAN MAGANG akan dinilai oleh Dosen Pembimbing Magang untuk penilaian LAPORAN diserahkan ke Prodi
  3. Apabila dianggap perlu adanya Perbaikan Laporan, Dosen Pembimbing Magang berhak MENGUSULKAN perbaikan
  4. Nilai akhir dalam bentuk nilai mutu akan dikeluarkan oleh BAA dengan mengolah komponen-komponen nilai Magang
  5. Nilai Akhir merupakan gabungan dari nilai Praktisi Pembimbing Magang (40%) dan Nilai dari Dosen Pembimbing Magang (60%).
  6. Nilai Mutu :Mengikuti ketentuan yang berlaku di Universitas Bakrie
  7. MAHASISWA dinyatakan lulus MAGANG apabila memperoleh nilai minimum "C". MAHASISWA yang tidak lulus, harus mengulang pelaksanaan MAGANG dari awal.
  8. Nilai MAGANG diterbitkan setelah MAHASISWA memenuhi dan melaksanakan semua ketentuan MAGANG

Info Magang