Muchsin Saggaff Shihab meraih gelar Master of Science (M.Sc) dalam bidang Regional Planning pada 1992 dan Master of Businesss Administration (MBA) pada 1997 di Asian Institute of Technology (AIT), Bangkok, Thailand serta gelar Ph.D dalam bidang Pemasaran Internasional di Department of Management Studies, Indian Institute of Technology (IIT), Delhi, India.

Selama kuliah di India, Muchsin pernah ikut dalam proyek pengembangan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Entrepreneurship Cell, Departemen of Management, IIT Delhi.

 

Sebelum bergabung menjadi dosen Universitas Bakrie, Jakarta, Muchsin banyak memberikan pelatihan di berbagai instansi pemerintah maupun swasta seperti BAPPEDA, BKKBN dan PT Instan Sekunyit yang semuanya berkedudukan di Palembang, sekaligus mengajar di beberapa perguruan tinggi seperti Program Pascasarjana Magister Manajemen (MM) Universitas Sriwijaya, MM Universitas Mercu Buana, Jakarta dan Swiss German University. Sebagai seorang dosen, Muchsin telah menyampaikan hasil penelitiannya dalam berbagai seminar baik berskala nasional maupun internasional dan dimuat di berbagai jurnal nasional.

Muchsin memiliki ketertarikan dalam bidang pemasaran, pemasaran jasa, perilaku kosumen dan budaya organisasi.