JA Biz - шаблон joomla Видео

MEGAMIC (Management Economic Competition) 2016 Business Plan Competition

Mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie memenangkan Juara I dalam kompetisi Megamic Business Plan Competition 2016 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Islam Sultan Agung.

Business Plan Competition Megamic 2016 merupakan kompetisi bisnis tingkat Se-Pulau Jawa yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Islam Sultan Agung. Kegiatan ini telah dilakukan kedua kalinya yang sebelumnya diadakan pertama kali pada tahun 2015 lalu dengan tingkat Se-Jawa Tengah.

Kompetisi ini berlangsung mulai dari tanggal 23 Desember 2016 serta kegiatan talkshow pada tanggal 24 Desember 2016. Tema yang diangkat untuk kompetisi tahun ini adalah “Meningkatkan Perekonomian Desa Melalui Kewirausahaan Berbasis Sosial”.

Dari tahap awal kompetisi ini terdapat 33 tim yang mendaftar dan berasal dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di Pulau Jawa, diantaranya adalah :
1. Universitas Brawijaya (Inovasi Agro-Industri)
2. Universitas Negeri Semarang (COMMUNITY)
3. Universitas Bakire (LapoHORAS.com)
4. Universitas Semarang (Keset Ajaib)
5. STIE Cendekia Bojonegoro (Meningkatkan Kesejahteraan Desa)
6. Universitas Surabaya (Kampung Sampah)
7. Universitas Muria Kudus (TEHERA)
8. Politeknik Negeri Semarang (Kajang Ruji)
9. Institut Pertanian Bogor (Soekopas)
10. Institut Tekonologi Bandung (KANTELL)
11. Institut Pertanian Bogor (Bioinsektisida)
12. Universitas Diponegoro (TOGANAT)
13. Universitas Islam Sultan Agung (GreenHouse)
14. Institut Pertanian Bogor (e-business)
15. Universitas Airlangga (PARPOR)
16. Universitas Muhammadiyah Malang (Kampung Laten)
17. Univeristas Diponegoro (Like in Village)
18. Universitas Diponegoro (Soigne)
19. Universitas Brawijaya (KCC Ice Cream)
20. Universitas Jendral Soedriman (DK Kronik)
21. Universitas Sebelas Maret (Klaigrafi Aira)
22. Universitas Muria Kudus (Abon Jangklong)
23. Universitas Diponegoro (Limbung Padi)
24. Institut Pertanian Bogor (BASTA)
25. Institut Pertanian Bogor (ECOBIRD)
26. Universitas Diponegoro (MIPIKAR)
27. Universitas Muria Kudus (Mie Pelangi)
28. Universitas Diponegoro (PISCROT)
29. Politeknik Negeri Semarang (Wirausaha Desa)
30. LP3I (Pemberdayaan)
31. PPSNS (Sistem Galang Dana)
32. Universitas Negeri Semarang (SUJAHE)
33. Universitas Stikubank Semarang (SOKLINE)

Dari 33 tim tersebut, diseleksi kembali menjadi 6 besar untuk melanjutkan ke babak final. 6 tim yang berhasil lolos ke babak final diantaranya, Universitas Bakrie, Universitas Negeri Semarang, Universitas Semarang, Universitas Brawijaya, STIE Cendekia Bojonegoro, dan Universitas Surabaya. Perwakilan dari mahasiswa akuntansi Universitas Bakrie yang mengikuti kompetisi ini, yaitu Kurnia Lukas angkatan 2014 dan Herdita Fauzia Safitri angkatan 2015. Tim ini bernama Tim Winner dimana dari arti kata tersebut mengandung sebuah harapan untuk dapat menjadi pemenang.

Tim Winner menciptakan usaha sosial berbasis teknologi untuk membantu meningkatkan perekonomian desa di sekitar Danau Toba, sehingga judul Proposal yang diangkat oleh Tim Winner adalah “LapoHORAS.com Sebagai Electronic Commerce Yang Memberdayakan UKM Masyarakat Desa Untuk Pembangunan Perekonomian dan Pengembangan Pariwisata di Sekitar Danau Toba”. Konsep bisnis yang diterapkan oleh Tim Winner adalah, LapoHORAS.com sebagai fasilitator bagi UKM maupun pabrik rumahan di sekitar Danau Toba untuk memasarkan produk/jasa khas batak secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam memperkenalkan dan menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline. Produk-produk tersebut berupa pakaian, tas, celana dengan motif dan unsur-unsur batak, makanan dan minuman khas batak, kain tenun (ulos), jasa guide bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, serta merchandise khas batak lainnya.

Selain itu, terdapat fitur donasi pada LapoHORAS.com. Fitur donasi ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki dana lebih untuk didonasikan kepada LapoHORAS.com dan mempunyai keinginan untuk membantu meningkatkan perekonomian di sekitar Danau Toba. Dana yang diperoleh tidak diberikan secara langsung kepada UKM setempat guna menghindari penyalahgunaan dana donasi. Program donasi ini akan di handle oleh LapoHORAS.com sebagai konsultan bisnis bagi para UKM untuk membantu dalam menciptakan produk-produk yang lebih kreatif dan inovatif.

Dari hasil kerjasama, usaha, serta doa, Tim Winner berhasil meraih juara I yang membawa piala, sertifikat, serta uang tunai. Penghargaan ini tentunya menambah kembali prestasi Universitas Bakrie dan diharapkan dapat memotivasi teman-teman akuntansi lainnya.

Berita Prodi Akuntansi

Prestasi Prodi Akuntansi

Prodi Akuntansi Guest Lecturer & Field Trip