(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Setiap mahasiswa di dunia ini memiliki hak yang sama untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Bukan hanya Brili, tapi kamu juga bisa. Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bisa mengharumkan nama almamater dan keluarga. Seperti yang telah Brili ukir saat saat berkuliah di Jurusan Akuntansi Universitas Bakrie.

Kali ini, alumni Akuntansi Universitas Bakrie yang memiliki nama lengkap Briliani Dwi Harnawan Putri yang merupakan lulusan terbaik saat di wisuda pada tahun 2016 akan membagikan tips menjadi Mahasiswa Berprestasi. Berikut adalah tips menjadi mahasiswa berprestasi ala Briliani Dwi Harnawan Putri :

1. Have List Of Target.

Dengan membuat target tentunya akan mempermudah kamu untuk mencapai mimpi yang kamu rangkai. Pencapaian orang tentu berbeda beda, strateginya pun akan berbeda. Kalau sudah ada target, tentunya kita akan lebih fokus untuk mencapai tujuan itu. Seperti yang dilakukan Brili selama ini, saat awal perkuliahan di Universitas Bakrie, Brili selalu membuat target jangka panjang dan jangka pendek saat menempuh pendidikan di Universitas Bakrie. Ia bahkan selalu mengkaji ulang kembali targetnya setiap semester. “Jadi, awal kuliah aku sudah nulis kira-kira semester satu mau apa, semester dua mau apa, sampai luluspun begitu. Kalau udah ganti semester biasanya aku re-new lagi targetnya. Either add, remove or checked. Jadi kita enggak akan lost on track, pastinya akan tau terus apa saja yang akan dilakukan karena sudah punya target” ungkap Brili.

 

2. Gabung Dalam Organisasi Seawal Mungkin.

“Kamu juga harus tahu bahwa belajar softskills dan sosial akan sangat terpakai nantinya. Belum lagi soal networking-nya. Pilih organisasi yang bidangnya yang kamu suka” ungkap wanita kelahiran Jawa Timur ini. Menurut Brili, mengikuti organisasi bukanlah menjadi halangan untuk menjadi mahasiswa berprestasi di kampus. Justru, lewat beroganisasi mahasiswa bisa mendapat banyak relasi ke luar kampus. Semakin banyak relasi, maka semakin banyak pengetahuan dan kesempatan yang kita bisa raih di organisasi tersebut. Terlalu fokus pada akademik justru akan menghambat kamu untuk mengembangkan softskill dan lingkungan sosial kamu. Sama halnya seperti yang Akuntansi Universitas Bakrie terapkan yaitu dengan menerapkan Experiential Learning pada setiap mata kuliah. Sehingga, mahasiswa bisa tetap mengeksplor dirinya dengan dunia luar melalui Company Visit, Guest Lecture, hingga belajar langsung dengan para praktisi yang handal di bidangnya.

3. Ketahui Cara Belajar Kamu.

Setiap mahasiswa pasti punya acara belajarnya sendiri. Ada yang harus mencatat, baca buku, sistem kebut semalam, dan ada juga yang belajarnya harus sambil bermain. Kalau kamu sudah mengetahui cara belajar kamu, sekarang kamu bisa terapkan cara belajarmu itu saat perkuliahan. Jangan pernah samakan cara belajarmu dengan orang lain, karena dengan mengikuti orang lain, kamu justru akan kehilangan proses belajar terbaikmu. Seperti yang dilakukan oleh Brili ini “Aku juga baru tahu belajar aku efektif kalau aku belajar dua minggu sebelum ujian. Seminggu sebelum ujian tinggal review” ungkap Brili saat menceritakan masa indahnya di Universitas Bakrie.

4. Having Fun Boleh, Tapi Jangan Terlalu Sering

Jadi Mahasiswa berprestasi bukan berarti tidak punya waktu untuk bersenang-senang dengan teman. Kalau kamu sudah merasa jenuh dengan semua tugas, jernihkan kembali pikiranmu dengan berkumpul bersama temanmu. Tidak perlu jauh jauh, asalkan tertawa bersama teman, itu sudah membuat kamu merasa senang. Tapi, jangan terlalu sering ya. Karna jika terlalu sering, akan mengakibatkan kamu sulit keluar dari zona nyaman bersama teman dan melupakan kewajibanmu. “Aku masih sempetin hang out sama teman – teman yang most of time dihabisin buat nongkrong” Ujar Brili.

5. Ikuti Kompetisi di Luar Kampus

Prestasi Akademik dan non Akademik merupakan satu kesatuan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Untuk meraih prestasi, tentunya kita harus aktif dengan dunia kompetisi di luar kampus. Ketika kamu mengikuti kompetisi, akan ada banyak pengalaman yang kamu dapatkan dan tentunya menambah penghargaan yang kamu punya. Tentunya, menang kalah adalah hal yang biasa. Jika kamu kalah, itu berarti kamu akan menang di kompetisi selanjutnya dengan mempelajari kesalahanmu. Ikutilah perlombaan yang kamu sukai. Walaupun tidak berhubungan dengan Akuntansi, tapi kompetisi itu akan membantu kamu mengembangkan kemampuan softskill kamu. Karna pengalaman adalah guru yang paling berharga seperti tagline Universitas Bakrie “Experience The Real Things”.

Berita Lainya