(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Indonesia memiliki banyak pahlawan kebanggaan bangsa yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia setelah dijajah oleh bangsa lain selama lebih dari 350 tahun. Namun sayangnya, kesadaran akan penghormatan terhadap jasa pahlawan saat ini masih rendah, terutama di kalangan remaja. Berangkat dari hal tersebut, maka Universitas Bakrie mengangkat tema kepahlawanan pada seluruh rangkaian kegiatan UB’s Week 2017 yang merupakan program pengenalan kampus bagi seluruh mahasiswa baru Universitas Bakrie angkatan 2017 pada 28-29 Agustus 2017 lalu, termasuk pada games yang menggali wawasan mahasiswa tentang pahlawan maupun dalam bentuk tugas yang diberikan.

Salah satu kegiatan yang menarik adalah di mana mahasiswa baru diberikan tugas untuk mengemukakan pendapatnya tentang sosok pahlawan yang menjadi idolanya. Para mahasiswa baru diwajibkan membuat sebuah video berisi pendapatnya tentang siapa pahlawan yang ia idolakan dan apa alasannya mengidolakan pahlawan tersebut. Kemudian, video berdurasi satu menit ini diunggah ke Instagram dengan mencantumkan tagar #ubsweek2017. Kegiatan UB’s Week 2017 di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (28/8/2017)
Hanya dalam kurun waktu beberapa jam, tagar #ubsweek2017 pun sudah ramai dengan video-video kreatif yang diunggah oleh para mahasiswa baru Universitas Bakrie. Beberapa video pun sempat menjadi top posts atau posting-an teratas yang paling banyak dilihat dan disukai oleh netizen yang mengunjungi tagar #ubsweek2017. Mayoritas video yang berhasil masuk sebagai top posts merupakan video hasil karya mahasiswa baru Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Sedangkan pahlawan-pahlawan yang diidolakan oleh para mahasiswa sebagian besar merupakan pahlawan kemerdekaan, seperti Ir. Soekarno dan Moh. Hatta, serta beberapa pahlawan lain yang biasa dikenal masyarakat, seperti adalah R.A. Kartini, Cut Nyak Dien, dan Bung Tomo.

Di antara mahasiswa-mahasiswi lain yang mengidolakan tokoh-tokoh yang memang sudah dikenal masyarakat, Nilam Dwi Renanda, mahasiswi baru Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, ternyata memiliki pahlawan idola tersendiri yang jarang pula didengar namanya oleh masyarakat namun ternyata punya andil memperjuangkan kesetaraan hak wanita seperti halnya yang dilakukan oleh R.A. Kartini. Sosok pahlawan tersebut adalah Maria Walanda Maramis, pahlawan wanita asal Sulawesi Utara. Dalam video milik Nilam yang diunggah di akun Instagram miliknya, yaitu @nilamrenanda, Nilam mengungkapkan alasan ia mengidolakan sosok Maria Walanda Maramis.

Cuplikan video tugas milik Nilam di akun Instagram @nilamrenanda
(https://www.instagram.com/p/BYVtV-FFdgp/?taken-by=nilamrenanda)

“Hallo! Perkenalkan nama saya Nilam Dwi Renanda. Saya dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie 2017. Saya sangat mengidolakan pahlawan yang bernama Maria Walanda Maramis karena beliau merupakan seorang pejuang kemajuan dan emansipasi kaum wanita di bidang politik dan pendidikan.” ujar Nilam dalam video tersebut.

Sebelumnya, saat masih di bangku SMA, Nilam sempat mengikuti lomba pidato tentang pahlawan. Saat itu, ia mengangkat tema tentang sosok Maria Walanda Maramis sehingga ia banyak melakukan riset dan mengenal lebih dalam sosok Maria Walanda Maramis. Nilam pun menjelaskan bahwa ia mengidolakan Maria Walanda Maramis agar semua orang tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali pahlawan nasional, tidak hanya Ir. Soekarno, R.A. Kartini, Cut Nyak Dien, K.H. Dewantara, Bung Tomo, dan Bung Hatta saja, tapi banyak pahlawan lainnya yang mungkin belum dikenal masyarakat.

Saat ini, video milik Nilam tersebut sudah ditonton sebanyak 1.751 kali tayangan dengan jumlah likes sebanyak 445 likes.

Berita Terkini

Prestasi

Kuliah Umum & Kunjungan Perusahaan

"Big Leap To The Real Experience!"