(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Jakarta (15/4/2017) - Communication Creativity in Action (Commcreation) hadir kembali untuk berbagi keseruan serta berbagi ilmu tentang komunikasi kepada masyarakat luas. Commcreation merupakan core event dari program kerja departemen akademik Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMILKOM) Universitas Bakrie. Senada dengan tagline Universitas Bakrie yaitu “Experience The Real Things”, Commcreation 2017 mengangkat tema “Real Passion Real Experience Real Things” dimana para peserta diajak untuk dapat merasakan secara langsung kegiatan praktik di dunia komunikasi.

 

Commcreation yang biasa diakukan dilingkungan Universitas Bakrie kini dikemas berbeda dengan dilaksanakan outdoor yaitu di Jungle Land Sentul Bogor, pada Sabtu (15/4/2017). Kawasan Jungle Land yang luas menjadi pilihan panitia agar peserta dapat leluasa menjalankan kegiatan praktik kerja di bidang komunikasi.

“Kita butuh tempat yang luas, karena target peserta kita ada banyak, konsep acara kita disambut baik dan outputnya sesuai dengan Jungle Land jadi kita memutuskan untuk ngadain di Jungle Land,” tutur Bagus, Ketua Pelaksana Commcreation 2017 pada Sabtu (15/4/2017).

Commcreation terbagi atas dua sesi acara yaitu Commactive dan juga Commaction. Pada commactive peserta mendapatkan seminar tentang tiga cabang peminatan yang ada pada Prodi Ilmu Komunikasi yaitu ProClub dari peminatan Corporate Communications (PR & Corpcomm), AdBrand Club dari peminatan Marketing communications (Marcomm), dan Meclub dari peminatan Jurnalisme Multimedia (Jurnalistik).

Acara yang dihadiri oleh 246 peserta eksternal dan iternal ini dipandu oleh dua host lucu yaitu Eko Narashaki dan Salam Akbar, keduanya dapat mencairkan suasana dengan lawakan-lawakan yang menyegarkan. Acara dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Pak Qalam selaku Marketing dari Jungle Land. Dalam sambutannya Pak Qalam menjelaskan sedikit tentang strategi marketing dan juga tim marketing yang di kepalainya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan Commactive dimana materi seminar diberikan oleh tiga praktisi yang merupakan alumni Prodi Ilmu Komunikasi UB. Ketiga alumni tersebut adalah Vella Andapita, alumni Prodi Ilmu Komunikasi dari peminatan Jurnalistik yang saat ini bekerja di Arah.com sebagai Asisten Redaktur. Pembicara selanjutnya, Luthfi Kuniawan alumni Prodi Ilmu Komunikasi UB dari peminatan Marcomm, sekarang ini bekerja di Kompas.com sebagai social media specialist. Lalu, pembicara ketiga Giovani Anggasta alumni Prodi Ilmu Komunikasi dari peminatan PR & CorpComm, saat ini bekerja di Burson-Marsteller sebagai Client Executive.

Isi dari seminar tersebut membahas materi dari masing-masing cabang peminatan Prodi Ilmu Komunikasi. Suasana yang santai dan menyenangkan membuat acara Commactive berjalan seru dan atraktif. Commaction sendiri tidak kalah serunya, disini peserta melakukan kegiatan praktek dari ketiga peminatan yakni ProClub, Meclub dan AdBrand Club. Kegiatan tersebut terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona Marcomm, zona PR, dan zona Jurnalistik. Zona-zona ini dibentuk agar para peserta dapat merasakan langsung bagaimana aplikasi tiga peminatan tersebut di dunia nyata kerja nantinya.

Para peserta sedang mendengarkan materi pada sesi Commactive

Di zona marcomm peserta melakukan kegiatan selayaknya seorang marketer dengan pengaplikasian dari fotografi branding dan copy writing, yaitu dengan mengambil gambar salah satu wahana yang ada di Jungle Land menggunakan kamera ponsel kemudian menguploadnya ke akun instagram masing-masing peserta. Tak lupa pada kolom caption peserta harus menuliskan kata-kata yang menarik sesuai dengan objek foto yang sudah dipilih. Pada zona ini peserta dituntut untuk berfikir secara kreatif.

Para peserta sedang berdiskusi memilih caption yang tepat di Commaction Zona Marcomm

Beralih ke zona selanjutnya yaitu zona jurnalistik. Pada zona ini peserta akan merasakan menjadi seorang reporter dengan mewawancarai salah satu pengunjung Jungle Land. Kegiatan wawancara harus direkam melalui video kemudian di upload ke Instagram masing-masing peserta. Tak lupa, pada saat melakukan wawancara para peserta diarahkan terlebih dahulu oleh praktisi alumni tentang bagaimana cara melakukan wawancara yang baik.

Kegiatan di Commaction Zona Jurnalistika mewawancarai pengunjung Junge Land

Zona terakhir dari commaction adalah zona PR & CorpComm. Pada zona ini peserta diajak untuk membuat mini artikel tentang kegiatan Commcreation. Para peserta dapat memilih untuk menjadi PR dari Commcreation ataupun PR dari pihak Jungle Land. Mini artikel yang dibuat peserta kemudian di upload ke akun instagram masing-masing peserta disertai dengan keterangan foto kegiatan.

Kegiatan Commcreation ditutup dengan acara yang paling ditunggu-tunggu peserta yaitu menaiki wahana yang ada di Jungle Land. Commcreation 2017 berhasil mengemas suatu ilmu pengetahuan serta pengalaman kerja di dunia komunikasi dengan cara yang menyenangkan.

“Pokoknya acara Commcreation ini seru dan bermanfaat banget, kita jadi lebih tau mendalam tentang tiga peminatan ini, dan saya lebih tertarik ke Marcomm,” ujar Rico, peserta Commcreation 2017 pada Sabtu (15/4/2017).

Pemberian sertifikat kepada Pak Qalam, selaku Kepala Marketing Jungle Land

Secara keseluruhan kegiatan Commcreation merupakan kegiatan dari bentuk kreatifitas mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya program kerja HMILKOM. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi pihak internal maupun eksternal lingkungan Prodi Ilmu Komunikasi.

“Saya harap kegiatan ini akan menjadi salah satu eniqueness Prodi Ilkom, karena saya ingin Prodi Ilkom terkenal dari salah satu kegiatannya yaitu Commcreation. Harapan saya kegiatan ini semakin lama semakin baik perencanaanya termasuk pelaksanaannya dan termasuk ide ide kreatif yang harus ditampilkan,” ujar Bu Suharyanti, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, pada Sabtu (15/4/2017).

Penulis: Viviet Sandra Bailussy

Berita Terkini

Prestasi

Kuliah Umum & Kunjungan Perusahaan

Berita Lainya

"Big Leap To The Real Experience!"