(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Jakarta (15/4/2017) - Sudah lulus kuliah bukan berarti selesai dan tidak menjalin hubungan baik dengan kampus asal. Menjalin hubungan baik dengan para alumni juga merupakan hal yang sangat penting bagi Prodi Ilmu Komunasi Universitas Bakrie. Circle Communication (CirComm) merupakan wadah bagi para alumni Prodi Ilmu Komukasi untuk share berbagai pengalaman mereka saat di dunia nyata kerja dan melaksanakan berbagai macam kegiatan dengan mengikutsertakan adek-adek kelas angkatannya yang masih aktif di kampus.

 

Prodi Ilmu Komunasi memiliki himpunan mahasiswa sendiri yang akrab dikenal sebagai HMILKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi). HMILKOM baru-baru ini mengadakan acara Commcreation. Konsep acara Commcreation terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama Comactive yang merupakan seminar tentang tiga peminatan Prodi Ilmu Komunikasi terdiri dari Corporate Communications (PR & CorpComm), Marketing Commucations (Marcomm), dan Jurnalisme Multimedia atau Jurnalistik. Lalu, sesi kedua nya adalah Commaction yang merupakan kegiatan praktik dari tiga peminatan di Prodi Ilmu Komunikasi.

Kak Giovani Anggasta saat memberikan materi di Commaction Zona Public Relation

Alumni yang hadir merupakan perwakilan dari tiga peminatan yaitu, Vella Andapita alumni dari peminatan Jurnalistik, Luthfi Kurniawan alumni dari peminatan Marcomm, serta Giovani Anggasta alumni dari peminatan PR & CorpComm. Ketiga alumni tersebut hadir sebagai pembicara pada sesi Comactive. Mereka memberikan materi terkait dengan peminatannya masing-masing.

Pada peminatan Jurnalistik Vella Andapita atau yang akrab disapa Kak Vella memberikan materi tentang tugas serta peran dari seorang jurnalis, bagaimana menulis berita yang baik dan benar dengan menggunakan 5W+1H (What, Where, When, Who, Why dan How). Kini Kak Vella telah bekerja sebagai Asisten Redaktur di Arah.com.

Kak Vella Andapita saat menilai hasil kegiatan peserta di Commaction Zona Jurnalistik

Beralih ke peminatan Marcomm Luthfi Kurniawan atau yang akrab disapa Kak Luthfi memberikan materi tentang pekerjaan yang dilakukan oleh seorang markerter. Lelaki bertubuh tinggi yang kini sudah bekerja sebagai social media specialist ini juga menjelaskan tentang apa itu copy writing dan juga fotografi brand.

Peminatan terakhir adalah peminatan PR & CorpComm. Giovani Anggasta si wanita mungil tersebut memberikan pemahaman apa itu PR kepada para peserta. Kakak bertubuh mungil yang kini bekerja sebagai client executive di Burson -Marsteller ini tak lupa menjelaskan tentang tugas utama dan peran dari seorang PR terhadap suatu perusahaan.

Selain berbagi ilmu kepada peserta pada sesi comactive, ketiga alumni tersebut juga mendampingi para peserta untuk mempraktikan pekerjaan dari masing-masing peminatan di sesi Comactive. Suasana yang begitu akrab langsung terjalin antara alumni dengan peserta Commcreation selama acara berlangsung.Para alumni mengaku senang karena dapat berbagi ilmu kepada para peserta yang terdiri dari adik-adik juniornya.

“Seneng sih bisa share bareng adik-adik disini karena mereka kan masih jauh banget untuk tau PR itu apa sih sebenernya ngapain. Tapi setidaknya dengan adanya Commcreation ini mereka ada sedikit tau gimana kerja di PR dan ada banyangan tentang apa yang kita kerjain,” ujar Kak Gio, Sabtu (15/4/2017)
Hal serupa juga disampaikan oleh Kak Luthfi.

“Seneng banget bisa sharing ilmu sama yang masih mahasiswa, dan bisa ngasih gambaran kalau apa yang kita lakukan di kampus bisa berbeda di dunia karier karna dinamis kan,” tutur Kak Luhfi, Sabtu (15/4/2017).

Kegiatan Commcreation ini merupakan salah satu dari kegiatan Prodi Ilmu Komunikasi yang melibatkan alumni didalamnya. Hal ini membuktikan bahwa, alumni Prodi Ilmu Komunikasi tetap memberikan sumbangsihnya kepada lingkungan Prodi. Mereka yang dulunya menjadi mahasiswa kini datang kembali dengan rasa bangga atas ilmu serta pengalaman yang didapatnya semasa kuliah dulu. Perjalanan semasa kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi membentuk mental serta membantu mengeksplor kemampuan mahasiswa sehingga lahirlah mahasiswa-mahasiswa yang sudah siap menghadapi dunia pekerjaan.

Pemberian sertifikat kepada para alumni sebagai pembicara di Commcreation 2017

“Karena kampus kita yang di pusat kota akhirnya saat kita disuruh praktek liputan itu sangat dekat. Jadinya langsung terasa gitu, kita yang masih mahasiswa udah ikut-ikutan door stop udah ikutan bikin berita apa segala macem. Waktu itu yang aku rasakan jadi oh gini ya rasanya jadi semangat buat cepet cepet selesai kuliah untuk bisa langsung kerja,” ujar Kak Vella, Sabtu (15/4/2017).

Silaturahmi yang terjalin melalui kegiatan Commcreation ini diharapkan dapat terus berlanjut pada kegiatan berikutnya. Hal ini bertujuan agar ilmu dan pengalaman yang di dapat oleh alumni dapat dibagikan kepada adik kelasnya sehingga para adik kelas dapat termotivasi untuk meraih sukses seperti kakak-kakak alumninya.

“Ilmu yang diajarkan disini tuh terpakai di dunia kerja memang tentunya dengan mereka sudah bekerja di dunia komunikasi diarapkan mereka juga kembali untuk sharing pengalaman kerja mereka di dunia nyata kepada adik kelasnya, dan terjalin engagement terhadap adik kelasnya juga,” ujar Bu Suharyanti, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Sabtu (15/4/2017).

Penulis: Viviet Sandra Bailussy

Berita Terkini

Prestasi

Kuliah Umum & Kunjungan Perusahaan

"Big Leap To The Real Experience!"