Experience The Real Things bagi Universitas Bakrie bukan hanya sekedar tagline tapi secara simultan diaptasi ke dalam metode pembelajaran, yaitu metode Experiential Learning, seperti yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie pada Senin, 15 Mei 2018 di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie dengan mengundang VP Investor Relations and Chief Economist PT Bumi Resources Tbk Achmad Reza Widjaja, SE, MS, Ph.D. dalam Guest Lecture atau CEO Talks yang mengusung tema “A Communication Skill for Sucessful Investor Relations”.

Bapak Achmad Reza atau yang akrab disapa dengan Pak Reza mengungkapkan kesuksesan dari Investor Relations (IR) khususnya di BUMI ada pada kemampuan menyusun dan melaksanakan program komunikasi krisis guna mengantisipasi dan atau menanggapi tuntutan hukum pihak lain ataupun tindakan hukum pihak yang berwenang; Penyebaran informasi mengenai adanya restrukturisasi hutang perusahaan; Penurunan pendapatan yang signifikan; Rumor persaingan yang tidak sehat; Spekulasi merger dan akuisisi; Gejolak volume dan harga saham.

Bila dilihat dari definisinya (National Investor Relations Institute – NIRI, 2001), IR adalah “kegiatan pemasaran korporat yang menggabungkan disiplin komunikasi dan pemasaran untuk memberikan gambaran yang tepat mengenai kinerja dan prospek perusahaan kepada para investor dan calon investor” dan jika dilakukan secara efektif dapat memberikan pengaruh positif terhadap nilai perusahaan secara keseluruhan serta terhadap biaya modal perusahaan secara keseluruhan pula.

Bumi Resources sebagai produsen batu bara thermal terbesar di Indonesia di tahun 2008 pernah menghadapi krisis dimana harga saham BUMI anjlok terhantam krisis keuangan dan hutang yang besar. Saham BUMI bahkan pernah mencapai level Rp 50 per saham. Hal ini membuat investor lari tunggang langgang, disinilah IR BUMI berperan penting, mereka harus meyakinkan investor yang tersisa untuk tetap menanam sahamnya di BUMI meskipun di tengah krisis.

Bisa dipastikan IR di BUMI memiliki fungsi strategis dalam aksi korporasi untuk meningkatkan kinerja BUMI, dimana untuk kasus BUMI tugas IR sangat sering berhubungan dengan masalah- masalah keuangan sehingga bidang ini sering pula disebut dengan istilah financial relations yang merupakan bidang kekhususan dari PR.

BUMI saat ini sudah berhasil merestrukturisasi hutang dan berhasil mengembalikan kepercayaan investor sehingga saham emiten Grup Bakrie menjadi primadona dan diburu investor.

Berita Terkini

Prestasi

Kuliah Umum & Kunjungan Perusahaan

"Big Leap To The Real Experience!"