Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengembangkan karakter dan kepribadiannya salah satunya adalah dengan melalui pelatihan Table Manner. Pelatihan tersebut berlangsung pada hari Rabu, 13 Desember 2017 yang bertempat di The Bridge Aston Rasuna Hotel.

Kegiatan yang diadakan oleh Biro Administrasi Kemahasiswaan Universitas Bakrie Bidang Pengembangan Minat dan Karir beserta Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie ini bertujuan untuk mengenalkan tata cara dan etika makan saat jamuan formal maupun protokoler kepada mahasiswa untuk bekal mereka ketika terjun di dunia kerja nantinya. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 130 mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Etiket dan Pengembangan Pribadi.

Ibu Indah Soekotjo sedang memandu kegiatan table manner

Pelatihan tersebut berlangsung kurang lebih selama 4 jam yang dipandu langsung oleh Dra. Indah Soekotjo, MSc, dosen Etiket dan Pengembangan Pribadi di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie serta dibimbing oleh Ibu Ayu Suryo Prayogo dan Ibu Sylviana yang juga merupakan dosen Etiket dan Pengembangan Pribadi di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.

Ibu Ayu Suryo Prayogo sedang membimbing salah satu mahasiswi dalam kegiatan table manner

Ibu Sylviana ketika sedang membimbing salah satu mahasiswa dalam kegiatan table manner

Pelatihan tersebut diawali dengan penjelasan tata cara ketika masuk ke ruang makan sampai ketika duduk di meja makan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tata cara ketika di meja makan mulai dari meletakkan serbet, cara menggunakan peralatan makan di meja makan, serta etika yang harus dilakukan dan tidak dilakukan ketika di meja makan. Semua teori tersebut langsung dipraktikan oleh mahasiswa melalui jamuan makan yang diberikan oleh hotel yang dibagi menjadi beberapa tahapan makanan yaitu makanan pembuka (appetizer), sup (soup), makanan utama (main course), dan makanan penutup (dessert). Menu yang disajikan oleh hotel diantaranya adalah Amuse Bouche, Classic Chicken Caesar Salad sebagai appetizer, Cream of Mushroom Soup, Beef Medallion sebagai main course, Chocolate Pie sebagai dessert, dan Hot Tea.

Salah satu mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yang sedang melakukan praktik table manner

Dalam jamuan formal ini, mahasiswa juga diberikan teknik dan tahapan dalam melobi dan bernegosiasi dengan klien layaknya sedang membicarakan bisnis yang dimiliki oleh perusahaan. Bahkan dalam jamuan formal ini, mahasiswa pun menggunakan pakaian formal seperti jas, celana bahan, blazer, dan dress sehingga seolah-olah mereka adalah seorang profesional.

Foto bersama mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie setelah melakukan pelatihan table manner

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mendapatkan bekal sertifikat, ilmu dan pengalaman untuk siap menghadapi dunia kerja nantinya sesuai dengan metode yang diterapkan di Universitas Bakrie yaitu experiential learning sehingga tidak hanya memahami konsep dan teori tetapi mampu merasakan secara nyata sesuai dengan keadaan yang relevan. 

Berita Terkini

Prestasi

Kuliah Umum & Kunjungan Perusahaan

"Big Leap To The Real Experience!"