Sidebar

Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Bakrie mengajak beberapa mahasiswa program studi Manajemen Universitas Bakrie untuk melakukan kunjungan ke KREAVI yang berlokasi di Menara by Kibar yang terletak di bilangan Cikini, Jakarta Selatan. Field visit yang dilakukan pada Kamis, 29 Maret 2017 ini mengusung tema Creative Ecosystem for Creative Future.

Tujuan diadakannya field visit ke Kreavi ini adalah agar peserta mengetahui kegiatan ekosistem kreatif yang ada pada ekosistem Kibar, khususnya adalah Kreavi dan Digitaraya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai digital platform yang dimana hal tersebut adalah tanggung jawab bersama membangun digital environment untuk Indonesia yang lebih baik.

Acara ini diawali dengan pengenalan Kibar secara umum dan Kreavi secara detail oleh Jojo, Project Lead Kreavi. Kreavi adalah wadah atau platform atau ekosistem untuk para pekerja kreatif di Indonesia dapat memamerkan produk atau karyanya. Kreavi sendiri dapat dimanfaatkan oleh para pekerja kreatif untuk mencari peluang bisnis serta informasi mengenai lowongan kerja. Stakeholder dari Kreavi diantaranya adalah komunitas, kampus, media, celebrity, government, dan brand.

Selain diberikan informasi mengenai Kreavi, terdapat juga penjelasan mengenai Digitaraya yang merupakan platform pengembangan talenta di bidang teknologi dan start-up. Digitaraya juga memiliki beberapa fokus sektor indutsri yang menjadi prioritas, diantaranya adalah pada bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan logistik. Digitaraya juga memiliki sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi yang dimiliki oleh Indonesia yaitu 1000 Start-up Digital yang bertujuan untuk menjaring entrepreneur baru. Dalam kunjungan ini, peserta juga diajak berkeliling atau tour Menara Kibar dan mellihat seluruh start-up digital yang berada pada naungan ekosistem Kibar. Tour ini bertujuan agar peserta dapat melihat secara langsung kinerja dalam ekosistem digital kreatif.

Pada kegiatan ini, hadir pula M. Taufiq Amir, SE., MM., Ph.D, Ketua Program Studi Manajemen Universitas Bakrie. Beliau mengatakan bahwa kita harus terinspirasi dengan kegiatan yang dilakukan oleh Kibar guna membangun digital environment untuk Indonesia lebih baik. Sehingga peserta tidak hanya mengetahui saja, namun dapat berperan secara aktif sebagai pelaku penyokong ekosistem tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa Manajemen Universitas Bakrie diberikan ilmu dan pengalaman mengenai kegiatan kreatif dan pemanfaatan digital marketing khususnya dalam bidang desain. Hal ini tentunya dilaksanakan untuk menerapkan metode pembelajaran yang ada di Universitas Bakrie, Experiential Learning, dimana mahasiswa bisa merasakan pengalaman terjun langsung pada masyarakat dan dunia kerja sesuai dengan tagline Universitas Bakrie yaitu Experience The Real Things.