Sidebar

Jakarta, 22 Maret 2018. – Management Brainstorming (MAGSTORM) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen – Universitas Bakrie. MAGSTORM tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena terdapat 3 rangkaian acara, yaitu MANSION (Management Smart Discussion), DIGTION (Digital Marketing Competition), dan yang terakhir adalah MEXPO (Management Expo), yang kali ini mengusung tema besar “Improving Indonesia’s Economy by Introducing Local Culture Globally Through Digital Marketing” bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi melalui teknologi digital dengan objek budaya lokal sebagai penerus perekonomian Indonesia di masa depan.

Kegiatan MAGSTORM 2018 dibuka dengan acara MANSION yang diadakan pada tanggal 19 Desember 2017. Tujuan dari MANSION adalah untuk memberikan pembekalan terlebih dahulu bagi siswa/I SMA se-Indonesia terkait pemasaran melalui digital pada bisnis lokal. Dalam MANSION peserta mengikuti rangkaian acara talkshow interaktif yang mengundang beberapa pembicara sesuai dengan tema serta workshop tentang teknik pemasaran melalui digital. Pembicara yang dihadirkan merupakan para pakar marketing dan digital, seperti Reza Pahlevi yang merupakan tokoh social media influencer, Aryo Moedanton sebagai founder dari Anakmuda.net, dan Aktivis Kebangsaan RI dari MPR-RI yaitu Aliza Goenardo. Acara MANSION juga didukung oleh pihak pemerintah yaitu Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dari bagian industri kreatif yang turut mendukung diselenggarakannya acara ini.

Rangkaian acara MAGSTORM 2018 berikutnya setelah MANSION yaitu DIGTION atau Digital Marketing Competition merupakan kompetisi tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia yang menumbuhkan minat para peserta untuk mampu memperkenalkan kekayaan budaya daerahnya melalui dunia digital dalam bentuk konten video. DIGTION yang memperebutkan hadiah dengan nilai total puluhan juta rupiah ini dibagi ke dalam dua babak, yaitu babak penyisihan yang diadakan secara online dengan membuat esai sesuai dengan subtema yang dipilih. Subtema yang dalam perlombaan DIGTION kali ini yaitu: makanan dan minuman tradisional, destinasi pariwisata, kerajinan tangan, dan terakhir adalah tarian dan rumah adat. Setelah melalui babak penyisihan dipilih sepuluh peserta untuk masuk kebabak selanjutnya yaitu babak final. Sepuluh peserta ini akan diundang langsung untuk datang ke Universitas Bakrie dan mempresentasikan secara langsung materi esai yang telah dibuat dalam bentuk video didepan para juri. Kompetisi ini menghadirkan juri yang merupakan praktisi di bidang Digital Marketing seperti Ananda Fortunisa S.E., M.Si., Dominica Arni Widyastuti S.E., M.M., selaku pakar Sales Management, dan Holila Hatta S.Pd., M.M., sebagai pakar Marketing Management. Salah satu karya terbaik peserta adalah Jelantara (Jelajah Nusantara), sebuah ide aplikasi yang diciptakan oleh Intan Hidayatin, siswa SMA Santa Maria Surabaya ini berbeda dengan aplikasi wisata yang sudah ada, inovasi aplikasi ini lebih tertuju kepada market place yang bergerak dalam bidang pariwisata yang mempertemukan antara travel agency baik konvensional maupun online dengan traveller di Indonesia dan mancanegara sebagai sarana memperkenalkan, mengembangkan, dan memperdalam budaya pariwisata untuk meningkakan pasar serta produk lokal di Indonesia dibantu dengan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi antara lain smart travel, share travel, partner travel diary dan news travel.

Terakhir, MAGSTORM 2018 menampilkan MEXPO (Management Expo). MEXPO terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu Talkshow interaktif dengan mengundang beberapa pembicara diantaranya adalah Ayu Azalea yang merupakan Founder dari Du’anyam, Puteri Khairunnisa sebagai Puteri Pariwisata dan Miss Asia Awards, Sigit Arifian sebagai tokoh Digital Marketing Strategist, Ayu Kartika sebagai Founder dari Sabang Merauke, dan terakhir juga diundang Panji Aziz selaku Founder dari Isbanban Foundation. Talkshow MEXPO memberikan pengetahuan tentang peluang bisnis budaya lokal dan bagaimana cara mengoptimalkan potensi dari keberagaman produk di hampir setiap daerah yang ada Indonesia melalui Digital Marketing.
Selain kegiatan Talkshow interaktif juga akan ada acara lainnya yaitu Meet and Greet with Business Startup dan Social Communities Fair yang mengundang Storia.co, Cultureidn, Isbanban Foundation, SDM Muda, Matahari Kecil, Hop-Hop, Bubble Happy dan Thai Tea untuk menjadi exhibitor di booth yang telah disediakan sekaligus sebagai wadah untuk pengembangan bisnis dan enterpreneurship yang ada di Indonesia.

Acara ini tentunya sejalan dengan visi misi serta program unggulan dari Program Studi Manajemen Universitas Bakrie, yaitu untuk menciptakan lulusan-lulusan yang memiliki jiwa wirausaha dan juga visi misi Himpunan Mahasiswa Manajemen – Universitas Bakrie yang mengajak anak-anak muda ikut berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan mahasiswa manajemen yang peduli terhadap lingkungan sekitar.

 

 

Berita Lainya