Sidebar

Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Bakrie (HMM-UB) mengajak beberapa adik-adik SD, SMP, SMA/SMK binaan dari Bakrie Amanah untuk mengenal lebih jauh mengenai Jakarta melalui kegiatan Management Social Responsibility (MSR) 2017. Acara yang dilakukan pada Rabu, 20 Desember 2017 ini mengusung tema Aku untuk Jakarta.

Acara ini diawali dengan meeting point di RPTRA Kebon Sawo, Menteng Atas yang kemudian bersama-sama merasakan transportasi umum yaitu Transjakarta menuju Balai Kota Jakarta. Sesampai di Balai Kota, peserta diberikan kegiatan yang bernama I Know yaitu mengunjungi kantor Jakarta Smart City. Dengan mengunjungi Jakarta Smart City, peserta diberikan kesempatan untuk mengetahui informasi mengenai seluk beluk Jakarta dan diajarkan untuk peka terhadap Jakarta misalnya seperti diberitahukan bagaimana cara melaporkan keluhan-keluhan yang ada di Jakarta seperti genangan air ataupun melaporkan adanya tumpukan sampah pada platform yang sudah disediakan oleh Jakarta Smart City. Hal tersebut tentunya membuat peserta tertarik untuk bisa berperan aktif untuk Jakarta agar lebih baik.

Selain diberikan informasi mengenai rangkaian kegiatan I Know, peserta juga diajak untuk aktif dalam kegiatan ini melalui I Learn, yaitu peserta diajak untuk mengunjungi Jakarta Creative Hub yang merupakan wadah untuk para pemuda dalam menyalurkan kreativitas dan wirausahanya yang sudah difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada kegiatan ini, hadir pula M. Taufiq Amir, SE., MM., Ph.D, Ketua Program Studi Manajemen Universitas Bakrie. Beliau mengatakan bahwa kegiatan Management Social Responsibility tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini tidak hanya sekedar charity saja namun mengajak adik-adik untuk melihat langsung Jakarta dan program-program apa yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sehingga peserta tidak hanya mengetahui saja, namun dapat berperan secara aktif.

Dalam kegiatan I Learn ini, peserta diberikan beberapa workshop. Pertama, peserta diberikan workshop entrepreneurship. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan materi mengenai bagaimana berwirausaha yang baik dan benar. Tidak hanya materi saja, peserta diberikan kesempatan untuk praktek langsung yang dikemas dengan sebuah game yang menyenangkan yaitu "Aku Pengusaha Muda". Melalui game tersebut, peserta diberikan kesempatan untuk menjajakan dagangan di sekitar Jakarta Creative Hub. Peserta dengan keuntungan terbanyaklah yang akan menjadi pemenang dalam kompetisi ini. Kemudian, dilanjutkan dengan workshop kreatif yang dipandu oleh tim Egglustration. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan materi mengenai cara menuangkan kreativitasnya kedalam bentuk hal yang positif dan tentunya bisa juga untuk menghasilkan uang. Selain diberikan materi, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk praktek langsung yang dikemas dengan cara yang menyenangkan dan juga mengasah kreativitas peserta. Para peserta melukis diatas tas serut dengan tema "Aku untuk Jakarta"

Dengan adanya kegiatan ini, peserta dilatih untuk mengisi waktu luang dengan kreatif dan diajarkan untuk lebih mencintai dan merawat Jakarta dengan baik. Hal ini tentunya dilaksanakan untuk menerapkan metode pembelajaran yang ada di Universitas Bakrie, Experiential Learning, dimana mahasiswa bisa merasakan pengalaman terjun langsung pada masyarakat dan dunia kerja sesuai dengan tagline Universitas Bakrie yaitu Experience The Real Things.

Berita Lainya