Sidebar

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie bekerjasama dengan OSO Sekuritas mengadakan company visit ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie beserta para dosen. Kegiatan yang berlangsung di Indonesia Stock Exchange Building 1st Tower pada Kamis (01/03) ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengedukasi kepada para peserta mengenai Bursa Efek Indonesia serta mengunjungi langsung ke kantor Bursa Efek Indonesia.

Kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan pembicara dari Bursa Efek Indonesia mengenai sejarah serta perjalanan IDX dari masa ke masa, pengenalan istilah dalam pasar modal, serta program kerja yang dilakukan oleh IDX.

Salah satu program kerja tersebut adalah program Yuk Nabung Saham (YNS) yang bertujuan mengajak investor untuk menyisakan dari pendapatannya secara rutin untuk ditabungkan atau diinvestasikan ke investasi saham. Selain itu, terdapat IDX Incubator Program yang bertujuan untuk mendorong perusahaan-perusahaan startup dapat melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penjualan pertama saham sebuah perusahaan kepada investor melalui berbagai tahapan yang harus dilalui dan dibimbing serta diberikan pelatihan agar dapat melalui berbagai tahapan tersebut.

Pembicara selanjutnya adalah dari OSO Securitas, Adhi Maulidianto, yang juga merupakan Investment Manager PT Pasific Life Insurance, yang membicarakan mengenai produk-produk pasar modal seperti obligasi, reksadana, dan saham serta membicarakan mengenai market opportunity analysis misalnya memberikan gambaran mengenai trend investasi di tahun 2018 serta mengetahui kriteria perusahaan yang dapat menjadi pilihan investor untuk berinvestasi saham. Menurutnya, sebelum berinvestasi kita harus mengetahui kondisi sebuah perusahaan sekarang dan masa depan serta bagaimana perekonomian dunia mempengaruhi Indonesia serta perusahaan tersebut. Peserta juga dikenalkan dengan tahapan dan cara mudah untuk memulai nabung saham serta berinvestasi di pasar modal.

Selain diberikan materi, peserta juga diberikan kesempatan untuk room tour Kantor BEI. Disana, peserta dapat melihat pergerakan saham dan melihat proses transaksi perdagangan saham.

Universitas Bakrie sendiri memiliki Galeri Investasi yang bekerjasama dengan OSO Sekuritas dalam memberikan kemudahan membuka rekening efek, kegiatan edukasi, serta kesempatan bekerja sama (sponsorship dan supported partner) melalui fasilitas Ruang Galeri Universitas Bakrie. Kerja sama ini sudah berjalan sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini. Dari segi transaksi dan nasabah di Universitas Bakrie terus bertambah dan animo civitas akademika Universitas Bakrie sudah bagus untuk belajar mengenai saham dan pasar modal.
Selain itu, Universitas Bakrie juga menyiapkan lulusannya untuk menjadi enterpreneur sehingga ketika menjadi enterpreneur nanti lulusan Universitas Bakrie sudah memiliki knowledge mengenai saham dan membuat usaha dengan mode saham dalam pengelolaan keuangannya.

Sehingga dengan adanya kegiatan ini, peserta dapat memahami mengenai Bursa Efek Indonesia, market opportunity analysis, serta produk-produk pasar modal. Hal ini tentunya dilaksanakan untuk menerapkan metode pembelajaran yang ada di Universitas Bakrie, Experiential Learning, dimana mahasiswa bisa merasakan pengalaman terjun langsung pada dunia kerja sesuai dengan tagline Universitas Bakrie yaitu Experience The Real Things.

Berita Lainya