JA Biz - шаблон joomla Видео

Velocity IV "Bring Industrial United to Get Closer to The Bigger Thing”

Velocity IV merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh HMTI-UB sebagai bagian dari program kerja Departemen Sumber Daya Mahasiswa yaitu kaderisasi. Kegiatan Velocity IV ini bertujuan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan oleh peserta kaderisasi dalam bentuk pelaksanaan sebuah acara. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, calon pengurus HMTI-UB periode selanjutnya dapat memahami dan mengimplementasikan hal-hal yang telah diajarkan saat kaderisasi tidak hanya berupa materi tetapi juga dalam bentuk praktik.

Bentuk kegiatan Velocity IV adalah kunjungan kerja ke pabrik atau fieldtrip yang telah dilaksanakan pada tanggal 30 April 2015. Adapun pabrik yang menjadi tempat tujuan saat kegiatan Velocity IV adalah PT. Indocement Tunggal Prakarsa dan PT. Yakult Indonesia Persada. Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa aktif  Teknik Industri Universitas Bakrie. Dengan tema “Bring Industrial United to Get Closer to The Bigger Thing”¸ kegiatan ini diikuti oleh 60 mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie yang terdiri dari 1 mahasiswa angkatan 2011, 15 mahasiswa angkatan 2012, 26 mahasiswa angkatan 2013 dan 18 mahasiswa angkatan 2014.

PT. Indocement menjadi tempat kunjungan yang pertama. Sebelum masuk ke kegiatan sesi pertama, terdapat penjelasan mengenai safety pause oleh Bapak Dedi kepada para peserta untuk mengingatkan potensi bahaya yang ada di wilayah pabrik. Sesi penjelasan dari pihak pabrik diawali oleh penjelasan mengenai company profile PT. Indocement Tunggal Prakarsa oleh Bapak Bambang Priyanto selaku perwakilan dari management PT. Indocement. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Ibu Siti Aisyah. Sesi tanya jawab pun dibuka. Peserta terlihat antusias baik selama penjelasan berlangsung maupun dalam bertanya. Kegiatan keliling pabrik dilakukan dengan menaiki bus yang telah disediakan oleh PT. Indocement. Peserta mengelilingi PT. Indocement didampingi dengan satu orang pemandu yang menjelaskan secara lisan tempat bagian produksi apa saja yang telah dilewati.

Kegiatan Velocity IV berlanjut ke PT. Yakult Indonesia Persada. Peserta diajak berjalan menyusuri koridor lantai dua PT. Yakult dimana proses produksi berlangsung. Peserta dapat melihat secara langsung seluruh proses pembuatan produk Yakult mulai dari pembibitan, pelarutan, pengawasan mutu, pembotolan hingga pengepakan. Didampingi oleh Bapak Bambang selaku perwakilan dari PT. Yakult, peserta terlihat antusias dalam mendengar penjelasan sekaligus arahan yang diberikan beliau. Setelah berkeliling, peserta diarahkan masuk ke sebuah ruangan. Terdapat penjelasan mengenai company profile, proses produksi serta sistem distribusi produk Yakult tersebut oleh Bapak Rico. Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta.

Berita Teknik Industri

Guest Lecturer & Field TIN