JA Biz - шаблон joomla Видео

Berita Teknik Lingkungan

Pengembangan TLK

GL & FTP Teknik Lingkungan

Mengasah Soft Skill Pengolahan Limbah Beracun dan Berbahaya (Hazardous Waste Treatment) di RS Metropolitan Medical Center

Jakarta-(15/12) Dalam mencetak mahasiswa unggulan selain pendalaman teori juga diperlukan pengasahan soft skill untuk siap terjun ke lapangan (dunia kerja). Melalui mata kuliah Pengolahan Limbah Beracun Berbahaya sebagai salah satu mata kuliah di semester VII, prodi Teknik Lingkungan melakukan kunjungan ke RS Metropolitan Medical Center (MMC), Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

RS MMC, bersebelahan dengan kampus Universitas Bakrie, merupakan salah satu RS yang masuk nominasi penerima Proper Hijau, tentu menghasilkan limbah B3 medis dan non medis yang sudah dikelola dengan baik. Selain itu, pernah mengoperasikan incinerator. Namun, dengan pertimbangan lokasi di pusat kota, maka tidak diteruskan dan sebagian limbah incinerator dikirim ke pihak lain agar lebih aman.

Berdasarkan pembahasan mata kuliah dengan konsep kimia dasar, maka pihak RS MMC memberikan pengetahuan terkait teknologi pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (limbah B3) baik secara fisika, kimia, biologi dan kombinasinya. Kegiatan ini dilakukan untuk memahami Studi kasus terkait komitmen suatu perusahaan dan bagaimana perusahaan tersebut melakukan implementasi kegiatan pengelolan limbah B3.

Kegiatan pengolahan limbah B3 ini harus mengacu pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan aturan turunanya. Sedangkan Pengelolaan Limbah B3 meliputi kegiatan pengurangan, penyimpanan, pengumpulan, pengangkutan, pemanfaatan, pengolahan dan/atau penimbunan. Dalam hirarkinya pengelolaan limbah B3 merupakan langkah yang diambil apabila upaya pengurangan sumber, recovery, reuse/ recycle yang dilakukan.

Saat sesi diskusi berlangsung sangat hangat dan menarik, mengingat hampir semua peserta mata kuliah ini aktif bertanya dan juga mendapatkan penjelasan yang sangat detail dan memuaskan. Adapun peluang kerjasama antara RS MMC dan program studi Tenik Lingkungan Universitas Bakrie sangat besar, meliputi kegiatan CSR, magang dan penelitan tugas akhir.

Sesi berikutnya, mahasiswa dipandu untuk berkeliling melihat semua fasilitas rumah sakit. Selain itu, juga termasuk ruang-ruang dengan simbol B3, fasilitas IPAL, TPS Limbah B3, cerobong pembuangan limbah padat antar lantai dan lain-lain.

Rangkaian kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiwa dalam mendapatkan pengalaman nyata dan bermanfaat. Berahir kegiatan ini juga menumbuhkan harapan bahwa RS MMC selalu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Jakarta dan berkomitment untuk melakukan pengelolan limbah B3 yang dihasilkan.