JA Biz - шаблон joomla Видео

Berita Teknik Lingkungan

Pengembangan TLK

GL & FTP Teknik Lingkungan

Rehabilitasi & Rekonstruksi Infrastruktur Pasca Bencana oleh Fauzi Bahar

Prodi Teknik Lingkungan (TLK) Universitas Bakrie mengadakan Guest Lecture dengan mengusung tema "Rehabilitasi & Rekonstruksi Infrastruktur Pasca Bencana".

 

Mengundang narasumber Letkol Laut (P) (Purn.) Dr. H. Fauzi Bahar M.Si. dan moderator oleh Dosen TLK Deffi Ayu Puspito, Ph.d., sementara itu Kaprodi TLK Sirin Fairus, STP, MT, dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini merupakan kali kedua dengan Universitas Pertahanan Indonesia, karena belum banyak kampus S1 yang menawarkan mata kuliah ini harapannya dengan rutinnya diadakan GL ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa TLK khususnya dalam upaya mencegah dan menanggulangi bencana baik nasional maupun internasional.

Dr. H. Fauzi Bahar M.Si yang pada saat ini merupakan Dosen di Universitas Pertahanan Indonesia, merupakan mantan Walikota Padang yang telah membawa Kota Padang mendapatkan penghargaan Adipura untuk ke-9 kalinya sebagai kota terbersih dan beliau jugalah yang merevitalisasi gerakan pramuka untuk aktif dalam penanggulangan gerakan bencana7.

Fauzi yang pada saat terjadinya gempa di Padang (30 September 2009) memegang jabatan Walikota Padang dengan pengalamannya secara langsung menghadapi bencana tersebut mengatakan, proses recovery pasca gempa terjadi, sangat cepat, mengingat dampak akibat gempa terjadi cukup hebat. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya memporak porandakan bangunan namun juga sektor perekonomian. Sesaat setelah gempa terjadi, Fauzi Bahar saat itu, langsung mengambil alih situasi dilapangan, dalam kesempatan GL kali ini beliau menjelaskan secara gamblang disertai dengan pemutaran video mengenai tahapan-tahapan dalam manajemen bencana.