JA Biz - шаблон joomla Видео

Berita Teknik Lingkungan

Pengembangan TLK

GL & FTP Teknik Lingkungan

Prodi Teknik Lingkungan Berpartisipasi dalam Hari Peduli Sampah Nasional 2016

Jakarta (22/2)-Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie mendukung program pemerintah menuju #IndonesiaBebasSampah2020. Salah satunya yaitu turut berpartisipasi di acara “Clean Up Jakarta menuju Indonesia Bebas Sampah 2020” di Hari Peduli Sampah Nasional (Minggu, 21 Februari 2016) yang dicanangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Selain di Jakarta, acara tersebut digelar di beberapa kota di Indonesia. Di Jakarta sendiri terdapat 8 titik kegiatan clean up, 41 komunitas yang terdiri dari pencinta lingkungan, pelajar, dan wakil beberapa perusahaan terlihat mengikuti kegiatan ini.


Sejak pukul 5.30 WIB, sebanyak 50 volunteer dari Ketua Program Studi, Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan sudah berada di Taman Suropati. Jam menunjukkan 06.10 WIB aksi Clean Up dimulai sekaligus penukaran bibit pohon oleh Komunitas Turun Tangan Jakarta. Setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah fun walk menuju lokasi penimbangan sampah di dekat Bundaran HI. Teknik Lingkungan Universitas Bakrie mengumpulkan sampah sebanyak 5 kg anorganik dan 3 kg organik. Kegiatan selanjutnya adalah turut serta di acara puncak dekat Bundaran HI mendengarkan sambutan Menteri LHK, Siti Nurbaya. Pada kegiatan ini pemerintah menerapkan plastik berbayar sebesar Rp200,00. Pemerintah juga mengenalkan gerakan mengatasi sampah, di antaranya yaitu gerakan 3R (Reuse Reduce Recycle) dan bank sampah. Sampah-sampah yang telah ditimbang tadi akan masuk ke bank sampah.


Asal mula 21 Februari dicanangkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional untuk memperingati tragedi longsornya sampah di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 silam yang menewaskan ratusan orang. Pemerintah juga mengharapkan masyarakat untuk membersihkan lingkungan dari sampah. Dari awal Hari Peduli Sampah Nasional ini Indonesia akan bebas sampah dan tahun 2020 adalah target Indonesia bebas dari sampah.


Sebagai kelanjutan dari acara tersebut Prodi TLK mengadakan kompetisi yang menarik, yaitu lomba foto selfie yang menunjukkan bahwa teman-teman di SMA peduli terhadap lingkungan dengan hastag #TLKUBonHSPN2016, posting foto kalian di instagram dan mention @enviro_ub. Untuk 2 (dua) pemenang akan mendapatkan free cyber test (computer based test) di Universitas Bakrie pada tanggal 24 April 2016.


Cyber test Universitas Bakrie diperuntukan bagi kalian yang ingin melanjutkan program studi ke Universitas Bakrie dengan Beasiswa Unggulan, yaitu dibebaskan dari biaya SKS, SPP dan BPP, hanya cukup membayar uang pangkal pada saat pertama mendaftar sebesar Rp 3 juta rupiah dan Rp 400.000, net setiap semesternya.