(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){ (i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o), m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m) })(window,document,'script','https://www.google-analytics.com/analytics.js','ga'); ga('create', 'UA-33635146-1', 'auto'); ga('send', 'pageview');

Adanya perubahan dinamis yang dihadapi terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan industri dan stakeholders lain akan kompetensi sarjana Teknik Lingkungan, kesepakatan Asosiasi Jurusan Teknik Lingkungan serta peraturan dan perundangan yang berlaku maka Program Studi Teknik Lingkungan (PS TLK) perlu melakukan upaya untuk mereview kembali kurikulum yang ada.

Upaya tersebut dilakukan berupa:
- Kunjungan Tim Kurikulum PS TLK-UB dengan tujuan untuk berdiskusi dan mencari masukan ke perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta, asosiasi, lembaga pemerintah dan stakesholders di tahun 2016-2017.
- Rapat Kerja Prodi Teknik Lingkungan diikuti oleh semua Dosen Tetap PS TLK dengan mengundang Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Univeritas Bakrie (FTIK-UB), Kaprodi Teknik Industri-UB, para Dosen Tidak Tetap di lingkungan PS TLK pada tanggal 14-16 November 2016 untk mendapat masukan dan pembahasan yang komprehensif terhadap perbaikan kurikulum yang ada.

Dengan diadakan kegiatan review kurikulum PS TLK ini, diharapkan adanya pengembangan kurikulum yang mampu beradaptasi dengan perubahan yang dihadapi terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan industri dan stakeholders lain akan kompetensi sarjana Teknik Lingkungan, juga kesepakatan Asosiasi Jurusan Teknik Lingkungan serta peraturan dan perundangan yang berlaku.

Secara rinci kegiatan kunjungan Tim Kurikulum PS TLK meliputi:
a. Kegiatan rapat kurikulum dengan Ketua program Studi dan Dosen Tetap Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Pasundan Bandung, pada tanggal 16 Januari 2016.

b. Kegiatan rapat dengan kepala UPT Pusat Higien Perusahaan Keseshatan dan Keselamatan Kerja (HIPERKES) di Jl. A. Yani No 69-70 Cempaka Putih Jakarta pada tanggal 15 Maret 2016. Kegiatan ini dilanjutkan dengan kunjungan rombongan Mahasiswa dan Dosen ke UPT HIPERKES pada tanggal 24 Mei 2016.

c. Kegiatan rapat dengan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Bandung, pada tangal 8 April 2016.

d. Kegiatan rapat dengan BBWS Ciliwung Cisadane (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane) pada tanggal 3 Mei 2016. Kegiatan ini dilanjutkan dengan kunjungan rombongan Mahasiswa dan Dosen ke BBWS pada tanggal 24 Mei 2016.

e. Kegiatan rapat dengan Ikatan Ahli Tekni Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (ATPI) pada tanggal 24 Oktober 2016.
f. Kegiatan rapat dengan Tim Kurikulum Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Indonesai pada tanggal 28 Oktober 2016.

g. Prodi TLK melakukan rapat kerja review kurikulum pada hari Senin-Rabu, 14-16 November 2016. Rapat kerja ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komuter UB yang memaparkan tentang Abet, Washington Accord dan KKNI. Acara dilanjutkan dengan sharing dari Ketua Program Sutid Teknik Industri Universitas Bakrie. Sesi berikutnya adalah rapat koordinasi dan masukan dari para Dosen Tidak tetap PS TLK UB.

h. Kegiatan rapat dan diskusi di Program Studi Teknik Lingkungan Insitutu Teknologi Bandung bersama dengan Tim Kurikulum Jurusan TL ITB dan Tim Kurikulum Jurusan TL Itenas pada tanggal 2 Juni 2017.

 

Prodi TLK senantiasa memperkuat kurikulumnya sehingga dapat melahirkan lulusan Sarjana Teknik yang mampu, memecahkan masalah-masalah lingkungan secara kreatif dan inovatif, serta mampu memainkan peranan penting dalam menjaga kuaitas lingkungan alama maupun buatan.

Berita Lainya